Home LAINNYA GADGET / IT [TEKNO] Tips Hasilkan Foto Seperti Profesional dari Smartphone Anda

[TEKNO] Tips Hasilkan Foto Seperti Profesional dari Smartphone Anda

6 min read
0
0
130

Kamera merupakan salah satu fitur yang dimiliki hampir semua smartphone. Kini, smartphone pun jadi pilihan bagi mereka yang senang fotografi. Hanya dengan smartphone, Anda tetap bisa menghasilkan foto tak kalah dari profesional.

Berikut kiat-kiat untuk memaksimalkan foto yang Anda ambil dengan kamera smartphone:

 1. Atur Fokus dan Exposure

Kebanyakan kamera smartphone memiliki fitur untuk mengatur fokus dan exposure atau tingkat cahaya. Sebelum mengambil gambar, pastikan ke mana fokus kamera Anda dan seberapa terang cahaya yang dibutuhkan. Pengambilan gambar pada tempat gelap tentunya membutuhkan cahaya lebih. Namun, ini kembali pada foto seperti apa yang ingin dihasilkan.

2. Manfaatkan mode HDR

HDR atau High Dynamic Range kini menjadi fitur pokok untuk aplikasi kamera smartphone. Secara sederhana, HDR membawa detail dari bagian paling gelap dan paling ringan dari gambar Anda dan menciptakan keseimbangan warna yang lebih baik secara keseluruhan.

Mode ini sangat cocok untuk foto lanskap dan potret, terutama ketika ada rentang yang lebar antara bagian foto yang paling gelap dan paling terang.

Namun, saat menggunakan mode HDR, foto perlu waktu lebih lama untuk diproses, karena itu sebaiknya tidak digunakan pada subyek yang bergerak cepat atau saat Anda tidak dapat menjaga ponsel tetap stabil.

3. Gunakan cahaya alami jika memungkinkan

Cahaya adalah salah satu faktor terpenting dalam foto apa pun. Jika Anda dapat menggunakan cahaya alami yang tersedia, maka Anda tidak perlu menggunakan flash. Penggunaan Flash mungkin akan memberi Anda hasil yang kurang ideal, terutama pada jarak tertentu.

Jika bisa, posisikan subyek Anda sehingga mereka cukup terang dari depan dan tidak silau dengan cahaya dari belakang. Tentu saja, tidak selalu memungkinkan untuk pemotretan cepat, tetapi lakukan apa yang Anda bisa.

4. Terapkan Rule of Third

Rule of Third adalah teknik fotografi yang sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi Anda masih bisa menerapkannya ke smartphone. Menurut Rule of Third, sebuah gambar dibagi menjadi sembilan blok sama besar dengan garis-garis imajiner yang membentuk grid. Anda harus menempatkan focal point atau obyek yang menjadi titik perhatian pada foto di dekat sudut-sudut perpotongan garis imajiner tersebut.

Untuk meningkatkan komposisi bidikan Anda, berikan aturan sepertiga untuk dicoba. Baik saat mengambil foto teman di bar atau mengerjakan bidikan lanskap, Anda akan menemukannya sederhana dan efektif.

Anda tak perlu membayangkan sendiri garis-garis imajiner yang dibutuhkan pada Rule of Third. Pada aplikasi kamera Android, Anda akan melihat ikon kisi (grid) di bagian tepi layar, sementara di iOS, opsi kisi berada di bawah Foto dan menu Kamera di Setelan.

5. Hindari zoom digital

Maksud dari zoom digital adalah ketika Anda mencubit atau menggeser untuk memperbesar gambar yang ingin anda foto. Kebanyakan kamera smartphone hanya memperbesar dan memangkas output dari sensor sebelum foto diambil. Zoom digital seringkali menghasilkan foto dengan kualitas lebih rendah dari seharusnya.

Untuk mengakalinya, Anda dapat mengambil foto tanpa zoom terlebih dahulu, dan mengeditnya kemudian. Mengambil foto tanpa zoom memberikan fleksibilitas jika nantinya Anda mengubah pikiran.

Sementara itu, beberapa ponsel seperti iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8 kini telah dilengkapi zoom optik 2x yang memungkinkan zoom tanpa pengurangan kualitas.

6. Gunakan aplikasi tambahan

Jika masih kurang puas dengan kamera bawaan smartphone, Anda dapat mencoba aplikasi pihak ketiga. Mereka menyediakan akses ke pengaturan ekstra, fitur yang beragam, dan kumpulan filter untuk foto Anda

Berbicara tentang filter, Instagram untuk iOS dan Android dapat menjadi pilihan Anda. Aplikasi ini juga menyertakan sejumlah alat dan penyetelan untuk mengedit foto.

Sumber : Tekno.tempo.co

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In GADGET / IT
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

[TEKNO] Xiaomi WEMAX One: Proyektor Jarak Pendek Pertama di Dunia dengan Teknologi Laser ALPD 3.0

Xiaomi kembali melebarkan lini produknya dengan mengumumkan sebuah proyektor jarak pendek.…