Home MANDARIN Shu Qi : From Zero to Hero

Shu Qi : From Zero to Hero

6 min read
0
0
1,291

Di usia ke-39 tahun, Shu Qi telah membintangi lebih dari 80 film dan 5 serial televisi. Untuk membantu keuangan keluarga, ia memulai karirnya sebagai model. Pada usia ke-16, Shu Qi telah terlibat dalam film berkonten dewasa. Lahir tanggal 16 April 1976, wanita bernama asli Lin Li Hui ini artis yang paling sukses bertransformasi dari kategori dewasa menuju film mainstream. Shu Qi memulai karirnya di industri modeling untuk majalah dewasa. Bulan Februari 1995, ia muncul di cover majalah Penthouse Hong Kong dan Playboy Tiongkok. Wanita berusia 39 tahun ini juga membintangi beberapa film dewasa seperti Sex & Zen II dan Red Light District di tahun 1996. Meski sukses di dunia karier, ternyata tidak demikian dalam kehidupan asmara. Shu Qi tampaknya belum menemukan pasangan hidup yang cocok. Beberapa tahun lalu, ia sempat menjalin hubungan dengan beberapa aktor sekaligus penyanyi terkenal Leon Lai. Simak lebih lanjut pembahasannya di rubrik artikel. Selain itu bibir Shu Qi terpilih sebagai bibir paling seksi di dunia oleh E!. Kehebatan Shu Qi tidak berhenti disitu, ia berhasil menang banyak penghargaan seperti Aktris Pendukung Terbaik dan Pendatang Baru Terbaik di ajang Hong Kong Film Awards ke-16, Best Supporting Actress di ajang prestisius 35th Golden Horse Award dan Aktris Terbaik di pagelaran 42nd Golden Horse Award.

AGProfil-Shu-Qi-All-You-Need-5
Shu Qi & Richie Ren (Film All You Need is Love)
AGProfil-Shu-Qi-BFF-Wedding
Shu Qi, William Feng & Victoria Song (My Best Friend’s Wedding)

Awal Karir Akting Tahun 1996, Shu Qi berperan dalam film Viva Erotica arahan Derek Yee. Viva Erotica adalah salah satu film dewasa Hong Kong yang juga diperankan oleh Karen Mok dan Leslie Chung. Lewat film ini, ia menerima penghargaan Peran Pendukung Terbaik di ajang Hong Kong Film Awards ke-16. Sejak saat itu, ia mulai muncul di film-film mainstream Hong Kong seperti Gorgeous (1998), film Stanley Kwan – The Island Tales di tahun 1999 and dan Millenium Mambo, garapan sutradara ternama Hou Hsiao Hsien. Shu Qi memulai debut akting di film aksi buatan sutradara Perancis, The Transporter (2002) dan So Close, arahan Corey Yuen. Tahun 2004, Ia berakting sebagai pemeran utama dalam film horror The Eye 2. Tahun berikutnya, ia memenangkan penghargaan Aktris Terbaik pada ajang bergengsi, Golden Horse Awards, untuk perannya dalam film Three Times. Tahun 2008, Shu Qi menjadi member juri dari Berlin International Film Festival. Di tahun yang sama, ia jgua membintang film komedi romantis berjudul If You Are The One, disutradarai oleh Feng Xiao Gang. Film ini menghasilkna pendapatan lebih dari 53,7 juta USD (sekitar 772 miliar Rupiah). Tahun 2009, lagi-lagi ia diminta menjadi member juri festival film Cannes. AGProfil-Shu-Qi-3Dari tahun 2006 sampai 2009, Shu Qi didapuk oleh Kenzo Takada untuk menjadi bagian dari kampanye iklan parfum ‘Flower by Kenzo’. Di samping itu, ia juga menjadi model untuk rumah mode Taiwan, Shiatzy Chen. Sejak tahun 2008, Shu Qi menjadi perwakilan Frédérique Constant (pembuat jam tangan mewah di Jenewa, Swiss). Aktris film The Assassin ini juga menjadi model kawasan Asia untuk brand fashion Emporio Armani untuk koleksi musim gugur-musim dingin di tahun 2010. Did You Know?

  1. Pilihan pertama untuk peran Jia Long di film tahun 2000, Crouching Tiger Hidden Dragon. Karena kesalahan fatal yang dilakukan manajernya, peran Shu Qi digantikan oleh Zhang Zi Yi.
  2. Sebelum main film mainstream, ia sudah terkenal sebagai model buku dewasa dan film soft-core.
  3. Menjadi model di buku “Super Stars” yang diambil oleh fotografer asal Singapura, Leslie Kee. Buku yang berisi foto 300 selebriti ini didedikasikan untuk korban tsunami Asia tahun 2004. Jury member of the Berlinale 2008.
  4. Mahir berbicara bahasa Mandarin dan Kanton. AGProfil-Shu-Qi-1BIODATA Nama : Shu Qi Profesi : Aktris Tempat lahir : Xindian, Taiwan Tanggal lahir : 16 April 1976 Zodiak : Aries Golongan darah : AB Tahun aktif : 1996-sekarang Filmografi : My Best Friend’s Wedding (2016), The Ghouls (2015), The Last Women Standing (2015), All You Need is Love (2015), The Assassin (2015), Gone with The Bullets (2014), Journey to the West: Conquering the Demons (2013), CZ12 (2012), Tai Chi Hero (2012)

**Baca juga 7 Hal Menarik Tentang Shu Qi (DS)  

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In MANDARIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Genre ‘Boys Love’ Populer di Taiwan, “Dark Blue and Moonlight” Akan Rilis

Jangan remehkan drama televisi bertema Yaoi. Mungkin drama genre ini tidak laku di tanah a…