Home LAINNYA GADGET / IT OPPO R7 vs SAMSUNG GALAXY E7

OPPO R7 vs SAMSUNG GALAXY E7

9 min read
Comments Off on OPPO R7 vs SAMSUNG GALAXY E7
0
255

ADU SMARTPHONE PREMIUM KAMERA 13 MP

Sama-sama diluncurkan dalam waktu yang tidak jauh berbeda, di beberapa bulan awal tahun ini, baik Oppo maupun Samsung mencoba untuk memasuki segmen menengah dengan R7 dan Galaxy E7. Meski bukan smartphone premium, namun bukan berarti Oppo dan Samsung asal-asalan meluncurkan dua perangkat andalan ini. Buktinya, selain desain elegan berbahan premium, baik Oppo maupun Samsung sama-sama membenamkan kamera berkekuatan 13 MP di masing-masing perangkat mereka. Lalu bagaimana dengan kemampuan lain kedua smartphone ini? Apakah mereka sejajar ataukah justru saling mendominasi?

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 01 Kecil

 

Desain
Hal pertama yang kita bahas disini adalah mengenai penampilan fisik kedua smartphone. Oppo R7 bisa dikatakan sangat berbeda dengan pendahulunya, Oppo R5, terutama dalam hal ketebalan bodi. Meski tak setipis R5, namun desain smartphone ini terlihat premium dengan balutan body berbahan aircraft grade alluminium magnesium alloy berasio 143 x 71 x 6.3 mm, serta bobot mencapai 147 gram. Untuk memberikan sentuhan mewah, bagian belakang R7 dilapisi cat berpartikel Zircon Sand yang berguna untuk menjaga konsistensi kualitas eksterior metal. Sementara itu lawannya Samsung Galaxy E7 menawarkan desain ramping, tipis dan ergonomis berbalut bahan polycarbonate dengan sisi-sisi frame dibalut dengan lapisan logam. Berkonsep unibodi, Samsung memiliki bobot lebih ringan, 141 gram, namun dengan dimensi sedikit lebih besar, yaitu 151.3 x 77.2 x 7.3 mm.

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 02 Kecil

Layar
Oppo R7 mengandalkan layar berteknologi AMOLED dengan bentang 5 inci dan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Dukungan teknologi Amoled Display, membuat layar ini terlihat sangat tajam, terlebih dengan kerapatan -445 ppi dan perpaduan warna seimbang. Selain itu, layar ini juga dilengkapi lapisan kaca 2.5D yang menawarkan bezel tepi cukup tipis, dan lapisan Gorilla Glass 3. Sementara itu Samsung Galaxy E7 menawarkan layar berjenis Super AMOLED, namun dengan bentang sedikit lebih luas, 5.5 inchi. Untuk resolusinya, layar E7 menawarkan 720 x 1280 pixels dan memiliki kerapatan warna mencapai 267 ppi. Hasilnya, layar cukup jernih dan juga tentu saja tajam. Sayangnya, untuk bagian perlindungan, smartphone dengan harga tinggi ini tidak dibekali lapisan Corning Gorilla Glass, yang tentu membuatnya rentan tergores.

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 03 Kecil

Performa
Di sektor dapur pacunya, Oppo R7 membenamkan prosesor Mediatek MT6795 yang memiliki clock speed Octa Core 2.2 Ghz dengan arisitektur 64 Bit Cortex-A53. Tak ayal peformanya menjadi sangat cepat dalam membuka aplikasi, ataupun memainkan game. Performanya yang bisa diandalkan ini semakin meningkat dengan penambahkan RAM sebesar 2 GB, yang dipadukan pengolahan grafis GPU besutan PowerVR G6200. Disisi lain, Samsung membekali Galaxy E7 dengan prosesor Quad-core 1.2GHz Cortex-A53 dan chipset Qualcomm Snapdragon 410. Kinerja mantap smartphone ini juga tak luput dari dukungan RAM yang dimilikinya, berkapasitas 2GB. Untuk grafisnya, Galaxy E7 diperkuat oleh Adreno 306 GPU, yang dijamin sangat lancar dalam menjalankan beragam fitur, aplikasi game maupun memutar video berkualitas Full HD.

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 04 Kecil

Sistem Operasional
Untuk sistem operasinya, Oppo membekali R7 dengan Color OS 2.1 khas mereka, yang sebenarnya berbasis Android Kitkat 4.4.2. Pihak mereka mengatakan smartphone ini siap mendapatkan upgrade Android Lollipop seperti halnya Oppo R7 Plus. Sistem operasional Android yang dikembangkan oleh Oppo ini menawarkan kemudahan pengoperasian dengan fitur Screen-Off Gesture, dan fitur manajemen tema atau ikon untuk memperindah antar mukanya. Lawannya Samsung Galaxy E7 mengusung platform Android 4.4.4 KitKat, yang dikombinasikan dengan custom UI khas besutan Samsung, TouchWiz UI. Untuk memudahkan pengoperasian, Galaxy E7 juga menawarkan opsi “Easy Mode” yang menjadikan struktur menu terlihat simpel. Juga tersedia fitur multi windows untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam layar terpisah berjajar.

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 05 Kecil

Konektivitas
Area ini cukup signifikan, mengingat sebuah smartphone dituntut untuk bisa melayani kebutuhan koneksi para penggunanya dengan baik. Untuk itu Oppo R7 menawarkan teknologi 4G LTE dengan kecepatan 150 mbps, dan teknologi HSDPA berkecepatan 42 mbps. Kemudian juga disediakan Wifi berteknologi Dual Band Wi-Fi 802.11 berfitur Wifi Hotspot. Untuk mengirim file, bisa memilih diantara Bluetooth V4.0, atau USB OTG. Sementara itu Galaxy E7 menyiapkan WiFi, WiFi Tethering, Bluetooth v4.0 dan juga kabel data micro USB yang sekaligus berfungsi untuk charger. Sayang, USB di Galaxy E7 tak mendukung fungsi On The Go (USB OTG). Akibatnya, pengguna tidak bisa membaca memori eksternal/flashdisk di smartphone ini. Minus lain tidak adanya NFC yang artinya smartphone premium ini tidak bisa melakukan sinkronisasi ke perangkat lain.

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 06 Kecil

Kamera
Inilah poin penting dalam adu kekuatan dua smartphone ini, terlebih mengingat keduanya sama-sama mendukung lensa berkekuatan 13 MP. Disini Oppo membekali R7 dengan kamera utama berkekuatan 13 MP berkelengkapan sensor ISOCELL, dan teknologi optik yang mendapatkan sertifikat dari Schneider-Kreuznach beserta LED Flash tunggal. Pemrosesan gambarnya mengandalkan Pure Image 2.0+ yang disempurnakan fitur phase detection autofocus. Sayangnya, kamera ini belum bisa merekam video beresolusi UltraHD 4K. Di bagian depan, sudah diletakan sensor berkekuatan 8 MP yang dilengkapi fitur Beautify 2.0+. Di sisi lain, kamera utama Galaxy E7 berkekuatan 13 MP dengan interface menarik. Selain mode standar 4:3, kamera ini juga bisa memotret dalam mode lebih luas 16:9. Sementara itu kamera sekundernya berkekuatan 5MP yang didukung wide selfie mode. Pengguna juga bisa memanfaatkan fungsi Palm Selfie dengan memanfaatkan sensor telapak tangan saat selfie. Selain foto, kamera Samsung Galaxy E7 bisa dimanfaatkan untuk merekam video full HD 1080p@30fps.

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 07 Kecil

Memori & Baterai
Ruang penyimpanan dalam Oppo R7 maupun Samsung Galaxy E7 berkapasitas serupa. Kedua smartphone ini sama-sama memiliki kapasitas internal 16 GB untuk kebutuhan penyimpanan file. Pengguna juga dapat memperbesar ruang penyimpanan menggunakan kartu microSD masing masing hingga 64 GB maupun 128 GB. Lalu untuk mendukung daya seluruh kinerjanya, Oppo R7 menyediakan baterai berdaya 2320 mAh. Kapasitas milik R7 ini tidak lebih besar dari milik Samsung Galaxy E7 yang mencapai 2950 mAh. Bedanya, Oppo R7 memiliki fitur fast charging untuk mempercepat waktu pengisian baterai hingga 75 persen dalam 30 menit. Sementara Samsung Galaxy E7 hadir dengan fitur hemat daya Power Saving mode. Kedua baterai Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 sama-sama bertipe Non Removable yang tidak dapat dilepas-pasang.

BP DIGITAL 07 - COMPARE - Oppo R7 vs Samsung Galaxy E7 Spek

Load More Related Articles
Load More By DD
Load More In GADGET / IT
Comments are closed.

Check Also

Buruan ke Erafone Terdekat, LG G6 Tawarkan Promo Cashback Hingga 1 Jutaan!

Kabar menarik bagi Anda yang ingin membeli smartphone premium, tapi bingung mau pilih yang…