Home LAINNYA FANSCLUB Let’s Learn Japanese!!! Ayo Belajar Bahasa Jepang! (Ucapan Salam)

Let’s Learn Japanese!!! Ayo Belajar Bahasa Jepang! (Ucapan Salam)

5 min read
0
0
418

Macam-Macam Ucapan Salam

Ucapan Terima Kasih

– Doumo: ini merupakan ucapan terima kasih yang diucapkan dengan sederhana dan kasual. Ini diucapkan jika kamu memiliki kedekatan khusus dengan lawan bicaramu. Dalam bahasa inggris dapat dicontohkan saat kamu berkata ‘Thanks’ atau dalam Bahasa Indonesia bisa dimaknakan ‘makasih’. Jika kamu menambahkan kata ‘Arigatou’ akan membuatnya terdengar lebih formal, ‘Terima Kasih’. – Arigatou Gozaimasu: ini ungkapan terima kasih dalam bentuk yang sangat formal. Bisa kamu pakai saat berterima kasih kepada siapa pun. Jika kamu menambahkan kata ‘Doumo’ di depannya menjadi, ‘Doumo Arigatou Gozaimasu’, maka akan bermakna, “Terima Kasih Banyak.” – Otsukaresama Deshita: ini ucapan terima kasih yang ditujukan kepada orang-orang yang telah bekerja keras dalam melakukan sesuatu. Biasanya diucapkan diakhir pertemuan atau diakhir sebuah kegiatan.

Ucapan Permintaan Maaf:

– Sumimasen: Ini merupakan ucapan permintaan maaf karena telah membuat sebuah masalah yang melibatkan orang lain. Jika kejadian telah lama berlalu, bisa kamu tambahkan dengan imbuhan ‘Deshita’ dibelakangnya. Selain itu, kata Sumimasen juga sering digunakan untuk mengucapkan kata ‘maaf permisi’. – Suimasen: Ini merupakan bentuk halus dari kata Sumimasen. Yang diucapkan dalam percakapan formal. – Gomenasai: Ini merupakan ucapan permintaan maaf dengan bahasa yang lebih formal. Kamu bisa menggunakannya kepada siapapun ketika kamu melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak disengaja. Jika kamu menambahkan ‘kudasai’ menjadi Gomen Kudasai, ini sebuah permintaan maaf dalam bentuk yang sangat halus yang patut diucapkan untuk orang-orang yang kamu hormati atau orang yang lebih tua darimu.

Ucapan Kata Perpisahan:

– Sayonara: Ini merupakan ucapan perpisahan literal yang biasanya ada dalam buku pelajaran bahasa Jepang kebanyakan. Kata perpisahan yang diucapkan ketika kamu tidak akan bertemu dengan lawan bicaramu dalam waktu yang sangat lama. Kata ini juga merupakan kata yang sangat formal jika diungkapkan kepada orang lain. – Jaa ne: Sebuah sapaan yang kasual yang bisa kamu gunakan bersama teman terdekatmu. Dalam bahasa Indonesia bisa bermakna, “Sampai Jumpa”.  Biasanya diucapkan saat kamu akan berpisah dengan lawan bicaramu bukan dalam waktu yang lama. – Oyasumi: Sapaan perpisahan ketika sudah larut malam. Secara literal, ini berarti ‘malam’, dengan menambahkan kata ‘nasai’ menjadi ‘Oyasuminasai’, akan membuatnya bermakna, “selamat malam.” Kata ini juga dapat bermakna, “selamat tidur” jika kamu mengucapkannya sesaat kamu akan tidur. – Mata ne: ini merupakan kata perpisahan yang diucapkan saat kamu sudah pasti akan kembali bertemu dengan lawan bicaramu nanti, yang bermakna “Sampai Jumpa nanti / Sampai Jumpa lagi”. Kebanyakan orang akan menambahkan waktu pertemuan berikutnya di tengah-tengah kata ini seperti ‘ashita (besok)’, menjadi ‘Mata Ashita ne’ (sampai Jumpa Besok), atau ‘Rai Shuu’ (minggu depan) menjadi ‘Mata Rai Shuu’ (sampai jumpa minggu depan), atau ‘Nichi youbi’ (Hari Minggu) menjadi ‘Mata Nichi youbi’ (sampai Jumpa di hari minggu).

Ucapan Salam Pertemuan:

– Hajimemashite: Ucapan salam pertemuan ketika kamu pertama kali bertemu dengan lawan bicaramu. Dalam Bahasa Indonesia, ini bisa berarti ‘salam kenal,’ atau ‘senang berkenalan denganmu’. – Ohayou Gozaimasu: Ucapan salam di pagi hari – Konnichiwa: Ucapan salam di siang hari – Konbanwa: Ucapan salam mulai dari petang hingga malam   NANTIKAN PEMBAHASAN SELANJUTNYA YA MINASAN ^0^ (AM)

Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In FANSCLUB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

[EVENT] KPOP CRUSH 2016 SURABAYA

Nama Acara : Kpop Crush Hari dan Tgl : Minggu, 18 Desember 2016 Pukul : 12.00 sd selesai T…