Home MANDARIN Kebebasan Berekspresi jadi Alasan Kris Wu Hengkang dari SM Entertainment

Kebebasan Berekspresi jadi Alasan Kris Wu Hengkang dari SM Entertainment

4 min read
0
0
508

Tahun 2014, Kris Wu meninggalkan grup yang telah membesarkan namanya, EXO untuk berkarier solo di Tiongkok. Meski sempat jadi kontroversi, kini Kris merupakan salah satu penyanyi dengan penghasilan tertinggi di negara bambu, dan mendulang kepopuleran di dunia perfilman.

Tahun lalu, Kris meluncurkan single bahasa Inggris ‘JULY’ untuk tes pasar. Disambut positif, tahun ini, dia bekerjasama dengan rapper-penyanyi Amerika, Pharrel Williams dalam single ‘Double 11 Day’. Yang tidak lama kemudian disusul single solo Kris, ‘Deserves’ dan ‘B.M.’, yang menduduki peringkat kedua chart iTunes Amerika.

B.M. 🙏🏼🙏🏼🙏🏼🔥🔥🔥 https://Empire.lnk.to/BM

Sebuah kiriman dibagikan oleh Galaxy Fan (@kriswu) pada

Dalam wawancara dengan stasiun radio iHeartRadio, Kris mengungkapkan alasannya meninggalkan EXO dan agensi SM Entertainment.

“Pertama-tama, saya bukan warga Korea Selatan. Saya lahir di Tiongkok. Jadi Korea bukan rumah yang tepat untukku, bukan kampung halaman. Bekerja disana membuatku sedikit stres. Yang kedua, Anda harus mengerjakan hal-hal yang telah ditentukan oleh perusahaan.”

Gabby Diaz dan Kris Wu

DJ radio, Gabby Diaz, kemudian mengatakan tentang bagaimana perusahaan K-pop membubarkan grup yang gagal melakukan hal permintaan perusahaan. Kris merespon cepat, “Benar, benar seperti itu. Setiap artis tidak punya kebebasan, dan bagiku, ini membuatku stres. Saya ingin melakukan hal yang saya inginkan, misalnya hip hop. Saya ingin memastikan lagu-lagu yang saya bawakan mewakili diriku sebagai artis, dan itu semua tidak bisa saya lakukan di Korea. Itu lah satu dari beberapa alasan mengapa saya pergi.”

Kris Wu x Burberry

Tentang perbedaan artis solo dan grup, Kris mengaku dapat melakukan hal-hal yang dia inginkan. “Saya dapat mengekspresikan diriku dengan bebas, itu pasti. Saya dapat membuat hal-hal yang saya inginkan. Di Tiongkok, saya punya perusahaan pribadi yang saya jalankan sendiri. Saya dapat melakukan segala hal yang saya inginkan, dan ini bekerja untukku,” lanjut Kris.

Kris Wu

Setelah berhasil audisi K-pop di Kanada, Kris pindah ke Korea Selatan tahun 2008 dan berlatih di bawah manajemen SM Entertainment. Tahun 2012, dia debut dengan EXO, dan didapuk menjadi leader EXO-M (subgrup EXO dengan mayoritas lagu Mandarin). Bulan Mei 2014, Kris melayangkan gugatan terhadap SM Entertainment terkait kontrak. Luhan, yang juga EXO-M, mengikuti jejak Kris di tahun yang sama. Untungnya, kedua perkara hukum ini telah selesai tahun 2016.

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In MANDARIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

[FOCUS] Wilber Pan Jatuh Sakit Lagi

Terlalu banyak bekerja mungkin membuat orang terlena dan melupakan kesehatan tubuh mereka.…