Home LAINNYA LIFESTYLE [K-FOOD] [J-FOOD] Bulgogi VS Yakiniku

[K-FOOD] [J-FOOD] Bulgogi VS Yakiniku

2 min read
0
0
344

Bulgogi bisa dikatakan sebagai Barberque ala Korea. Dalam bahasa Korea, Bulgogi atau neobiani berarti daging bakar, dimana daging berbumbu dimasak menggunakan teknik memanggang tradisional dengan menggunakan alat pemanggang atau wajan kubah berlubang. Daging yang digunakan untuk memasak Bulgogi biasanya daging ayam, sapi atau babi. Bulgogi yang dibuat dari daging ayam disebut dak bulgogi, sedangkan yang terbuat dari daging babi disebut dwaeji bulgogi.

Bulgogi 01
Bulgogi

Bulgogi dibuat dari irisan tipis sirloin daging sapi. Sebelum dimasak, daging direndam untuk meningkatkan rasa dan kelembutan daging bersama campuran kecap, gula, minyak wijen, bawang putih, dan merica. Daun bawang, bawang bombay, dan jamur kancing atau shiitake menjadi bahan pelengkap lainnya untuk menyajikan Bulgogi. Terkadang, orang-orang menambahkan mie sebagai variasi tergantung resep dan selera dari masing-masing wilayah. Di dalam drama kita sering melihat, orang-orang menikmati bulgogi dengan membungkus semua bahan dan setetes Ssamjang (bumbu penyedap) di dalam daun selada dan memakannya sekaligus. Itu adalah salah satu cara paling nikmat untuk merasakan Bulgogi.

Yakiniku
Yakiniku

Di Jepang, masakan ini juga dikenal dengan istilah yakiniku yang mana berarti daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Daging yakiniku dipanggang di atas api dari arang atau gas dengan memakai kisi-kisi dari besi atau di atas plat (teppan). Di rumah makan yakiniku, sesudah dipanggang, daging yang berukuran agak besar sering perlu dipotong dengan gunting di hadapan pengunjung. Seringkali perbedaan antara yakiniku dengan bulgogi atau kalbi menjadi tidak jelas, karena keduanya sama-sama disebut yakiniku di Jepang. Horumonyaki diciptakan oleh imigran Korea di daerah Kansai seusai Perang Dunia II. (AM)

Yakiniku 02
yakiniku
Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In LIFESTYLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

[HEALTH] Beginilah Cara Park Shin Hye Menjaga Tubuh Langsingnya

Park Shin Hye selama ini terus berusaha untuk tetap sehat, sehingga program diet dan olah …