Home LAINNYA [ARTIKEL] Jackie Chan Mainkan Peran yang ‘Tidak Umum’ di Film “The Foreigner”

[ARTIKEL] Jackie Chan Mainkan Peran yang ‘Tidak Umum’ di Film “The Foreigner”

6 min read
0
0
493

Untuk menjawab pertanyaan Anda, Pierce Brosnan (yang dikenali jutaan manusia sebagai James Bond 007) dan aktor bintang laga, Jackie Chan tidak berkelahir secara fisik dalam film terbaru mereka, “The Foreigner”.

Akan tetapi mereka kejar-kejaran seperti kucing dan tikus, yang mana aksi mereka dapat mulai dilihat di bioskop pada bulan Oktober yang akan datang (tanggal 13 Oktober rilis di Amerika).

Kerja keras Jackie dalam karirnya yang penuh dengan aksi-aksi stunt dihargai dengan sebuah piala Oscar di bulan November 2016. Dalam “The Foreigner”, pria 63 tahun ini menunjukkan sisi yang berbeda, selain aksi seni bela diri dan akting yang jenaka, misalnya dalam film “The Rush Hour”.

Tanpa menghitung “Kung Fu Panda”, film produksi Huayi Brothers Pictures ini akan menjadi film pertama Jackie yang dirilis secara luas di negara-negara barat sejak “The Karate Kid” dan “The Spy Next Door” yang dirilis 7 tahun silam.

 

Karakter Beda 180 Derajat

Peran yang dimainkan Jackie tidak lah umum. Ia berperan sebagai Quan, pria sederhana dan pemilik restoran di kawasan Chinatown, London yang kehilangan anaknya saat teror bom IRA (Irish Republican Army). Kali ini, Jackie lebih banyak bermain dengan sisi emosinya.

“Quan adalah peran yang unik untuknya, bukan sesuatu yang kalian duga dari seorang Jackie Chan,” ucap sutradara film, Martin Campbell. “Ia memainkan karakter pria yang sangat pendiam, seorang ayah dengan satu fokus, yaitu menyelidiki siapa saja yang membunuh putrinya.”

Jackie juga menerima kesempatan ini untuk menunjukkan sisi emosional yang dimilikinya. “Penting bagiku untuk memainkan peran yang lebih serius, yang melibatkan banyak emosi,” ucapnya. “Sebelumnya, saya membayangkan bagaimana perasaan menjadi seorang ayah saat dihadapkan dengan situasi tersebut.”


(Credit : STX Entertainment)

 

Akui Profesionalitas Jackie Chan

Film adaptasi novel Stephen Leather tahun ’92 “The Chinaman” ini kembali mempertemukan Brosnan dengan Campbell, sutradara yang menangani film Bond “GoldenEye” (1995) dan “Casino Royale” (2006).

Brosnan bermain sebagai Liam Hennessy, perdana menteri Inggris yang ditugaskan menginvestigasi teror bom. Tujuan utamanya adalah menjaga agar kebenaran dibalik pengeboman tidak diketahui publik, dan menghalangi penyelidikan Quan.

Pierce Brosnan sebagai Liam Hennessy

Meski ceria di sekitar lokasi syuting di London, Brosnan mengungkapkan aura kegelapan yang ia rasakan dari Jackie ketika syuting telah dimulai, khususnya ketika Quan menghajar anak buah Hennessy.

“Awal hari kami dimulai bahagia, dan berakhir dengan kekerasan. Jackie memang memiliki selera humor yang tinggi. Namun ketika kamera mulai merekam, ia mulai masuk ke karakternya.”

Di samping “The Foreigner”, pria yang memiliki 5 anak ini juga akan bermain dalam film “Final Score” bersama Dave Bautista (Guardians of the Galaxy Vol. 2), dan aktor Hong Kong Julian Cheung.

 

Dilarang Beradegan Stunt?

Elemen ketegangan dalam film “The Foreigner”, misalnya ledakan bus di jembatan London (London Bridge), sempat menjadi drama dan menghiasi berita utama sejumlah surat kabar lokal.

“Kami telah memberi peringatan kepada masyarakat setempat,” ucap Campbell. “Butuh waktu negosiasi selama 4 bulan, sebelum syuting dapat dimulai.”

Di samping itu, Jackie juga tidak diperbolehkan melakukan adegan yang berbahaya, seperti adegan stunt yang biasa dilakukan di film-film nya.

“Bukan karena apa, tapi jika dia mengalami cedera, kami akan mendapat masalah,” lanjut sutradara kelahiran New Zealand itu. Meski begitu, Jackie tetap beraksi seperti biasanya dalam adegan perkelahian. “Fans ingin melihatku melakukan stunt, lagipula aksi ini membuatku tetap segar dan bersemangat,” ujarnya.

Untuk itu, Campbell mengubah gaya bertarung tradisional Jackie. “Keterampilan bertarungnya sedikit lebih militer,” sebutnya. “Karakter Jackie maupun Brosnan sama-sama terlihat berpengalaman. Bisa dibilang, film ini memiliki elemen drama yang cukup serius.”

Berikut cuplikan singkat saat syuting pengeboman di London Bridge


(Credit : Jackie Chan FC – INDIA – Anu Singh)

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In LAINNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Belum Pasti Jodoh, Lin Chi-ling Enggan Ungkap Status dengan Jerry Yan

Model dan aktris Taiwan berusia 43 tahun ini belum memiliki jawaban—atau mungkin tidak ing…