Home LAINNYA LIFESTYLE [HEALTH] 5 Kesalahan Dalam Melakukan Diet

[HEALTH] 5 Kesalahan Dalam Melakukan Diet

8 min read
Comments Off on [HEALTH] 5 Kesalahan Dalam Melakukan Diet
0
119

Setiap orang, baik wanita maupun pria pasti selalu ingin tampil sempurna dengan terlihat lebih langsing dan cantik bagi wanita, atau bertubuh proposional bagi pria. Berbagai usaha mereka kerahkan agar dapat mengubah bentuk tubuh mereka menjadi lebih ideal dan enak dipandang. Salah satunya adalah berdiet. Banyak orang percaya, satu-satunya jalan untuk menurunkan berat badan adalah dengan berdiet. Namun mereka tidak menyadari beberapa kesalahan yang mereka lakukan dalam berdiet, sehingga alih-alih menurunkan berat badan mereka, justru membuat kesehatan tubuh mereka menurun atau justru membuat nafsu makan mereka semakin bertambah. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang berdiet. Untitled-2

  1. Melewatkan Sarapan

Banyak orang yang memutuskan untuk melewatkan saparan pagi saat melakukan diet ataupun dalam kehidupan dengan alasan sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk makan pagi. Keputusan untuk melewatkan makan pagi adalah ide yang buruk, karena penelitian membuktikan orang-orang yang tidak makan dipagi hari akan merasa lapar yang berlebih di siang hari yang membuatnya ingin makan dalam porsi yang lebih banyak dan tentunya akan menambah kalori lebih dari apa yang dibutuhkan. Dengan cara ini tidak akan membantumu untuk menurunkan berat badan melainkan akan menambah berat badanmu. Tidak hanya itu, kopi dan roti manis terkadang juga dipilih bagi sebagian orang yang tidak ingin memasak di pagi hari. “Lebih baik makan ini dari pada melewatkan sarapan,” itu mungkin yang ada dalam mereka, namun pilihan makanan yang mereka pilih tersebut mengandung banyak kalori yang berlebih untuk tubuh. Misalkan Minuman kopi manis mengandung 300 kalori, dan kue maupun roti mengandung 500 kalori, maka kamu bisa mendapatkan setengah dari kalori harian yang kamu butuhkan hanya dengan makan-makanan ringan ini di pagi hari. Jadi ada baiknya sarapanlah dengan makanan sehat dengan kadar kalori yang secukupnya. Diet campur (1)

  1. Penentuan Porsi Makanan

Banyak orang merasa makan sedikit pasti akan mengurangi berat badan, sebenarnya hal ini tidak seutuhnya benar. Tak peduli banyak atau sedikit porsi makananmu, jika makanan yang kamu konsumsi mengandung kalori yang besar, itu tetap tidak akan berat badanmu turun. Contohnya, banyak orang yang berpikir makan salad yang disediakan di restoran lebih baik dari pada memesan burger, namun mereka tidak menyadari berapa besar kalori yang terdapat dalam salad tersebut. Meski terlihat hijau dengan banyaknya sayuran dan buah, namun kebanyakan salad tersebut memiliki Topping seperti Keju, croutons, atau krim yang memiliki kalori yang melebihi kalori dari kentang goreng. Untuk mengatasi ini, saat ingin memesan salah, pesanlah dengan saus terpisah sehingga kamu bisa menentukan sendiri berapa banyak asupan kalorimu. Diet campur (5)

  1. Minum Alkohol

Terkadang banyak orang tidak menyadari, bahwa minum minuman beralkohol sangat berbahaya bagi tubuh dan tentunya akan merusak program diet kamu. Banyak yang berpikir, itu hanyalah sebuah minuman, namun tidak menyadari berapa kalori yang dikandungnya. Alkohol memiliki kalori per gram lebih banyak dari pada protein atau karbohidrat,. Jadi hitunglah beberapa kalori yang masuk dalam tubuhmu saat kamu mengkonsumsi minum minuma beralkohol berat ataupun ringan. Diet campur (4)

  1. Makan Terlalu Cepat

Belakangan ini banyak sekali orang yang mengabaikan cara makan yang baik dan benar. Mereka terlalu sibuk dan ingin segera menyelesaikan waktu makannya dan langsung pergi. Padahal dengan makan yang terlalu cepat akan membuatmu makan lebih banyak. Badan kita membutuhkan waktu untuk mencerna apakah kita telah memiliki cukup makanan dan tidak bisa terjadi dengan cepat. Dengan kata lain, sebelum makananmu tercerna dengan baik, kamu sudah merasa lapar lagi. Cobalah untuk mengatur waktu kerjamu dengan memperhatikan waktu makan yang cukup. Misal cobalah gunakan alarm sepanjang 20 menit, dan makanlah makananmu selama waktu tersebut. Gunakan gigitan makanan yang lebih kecil, kunyahlah lebih lama, dan nikmati sensasi setiap gigitan makanan dan rasakan dengan baik. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan merasa kenyang setelah 20 menit dan kamu akan makan makanan dengan porsi yang lebih sedikit. diet

  1. Makan Di Depan Televisi

Salah satu kegiatan paling disukai banyak orang adalah makan ataupun nyemil sembari menoton televisi, video atau film di bioskop. Masalahnya adalah, saat kamu menonton film atau video baik dari televisi atau Laptop akan membuatmu hilang perhatian akan berapa banyak makanan yang kamu makan karena kamu lebih fokus pada tontonan yang kamu lihat. Kamu akan memakan apapun yang ada sekitarmu untuk mengisi waktu luang saat menonton dan kamu akan menyadari berapa banyak makanan yang kamu makan setelah film tersebut habis. Karena banyaknya kalori yang kamu makan dari makan-makanan ringan tersebut mungkin akan membuatmu kenyang, namun itu tidak akan bertahan lama dan kamu akan merasa kembali lapar dengan cepat sehingga membuatmu justru mengasup kalori yang berlebihan. Saat ingin menikmati waktu luang, daripada menyediakan makanan ringan, cobalah nikmati tontonanmu dengan secangkir the atau segelas air putih. Ini akan membuatmu terjaga dari dehidrasi tanpa harus menampung kalori yang berlebihan. (AM)  

Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In LIFESTYLE
Comments are closed.

Check Also

[BEAUTY] 7 Produk Perawatan Kulit Korea Untuk Musim Gugur

Musim panas sudah berlalu dan kini Korea Selatan telah memasuki musim gugur. Kini udara pa…