Home Home Featured [FOCUS] Kecaman Netizen Untuk Prilaku Wanna One

[FOCUS] Kecaman Netizen Untuk Prilaku Wanna One

10 min read
0
0
649

Wanna One belakangan ini mendapatkan banyak sorotan dengan berbagai kontroversi. Setelah dituding melakukan plagiat dengan lagu barunya, mereka juga dapat kecaman dari publik atas prilaku mereka dianggap tidak pantas. Baru-baru ini Fans menuduh wanna one telah melakukan plagiarisme dari lagu ‘Fanfare’ milik SF9, pada lagu baru mereka yang berjudul ‘Boomerang’. Tuduhan ini muncul setelah fans merasakan kemiripan antara lagu “Boomerang” dan “Fanfare”.

Pada 19 Maret, Wanna One merilis album baru mereka ‘0 + 1 = 1 (I Promise You)’ dengan judul lagu utama, “Boomerang”. Setelah mendengar lagu baru tersebut, penggemar langsung dapat merasakan sesuatu yang familiar seperti lagu “Fanfare” SF9 yang dirilis pada 4 Oktober 2016. Penggemar mengklaim kedua lagu memiliki ketukan yang sama di awal. Fans SF9 juga sudah menuntut umpan balik resmi dari YMC Entertainment.

Bicara Kasar
Belum lepas kontroversi tersebut, Wanna One juga mendapatkan kecaman lainnya atas prilaku mereka selama siaran live berlangsung. Dalam siaran live tersebut, para personel Wanna One mengucapkan kata makian, keluhan, dan ucapan yang tidak tepat secara tidak sengaja selama berada di ruang tunggu.
Sekitar 4 jam sebelum merilis album baru mereka ‘0 + 1 = 1 (I Promise You)’, Wanna One muncul di Mnet’s ‘Star Live’. Siaran langsung ini juga menampilkan mereka selama berada di ruang tunggu. Park Woo Jin terlihat mengambil gambar dengan menggunakan tongkat selfie sementara para personel lainnya justru mengucapkan ucapan mengejutkan. Kang Daniel berteriak, “Kenapa kami tidak mendapatkan bayaran?”. Park Ji Hoon menambahkan, “Mengapa kami hanya mendapatkan 20%?” Ong Seung Wu melanjutkan, “Mengapa kami tidak bisa tidur? Mengapa kami tidak memiliki kebebasan?”
Kemudian seorang anggota staf wanita berkata, “Baiklah, guys, mari kita sampai ke posisi kita untuk siaran langsung.” Park Ji Hoon memotongnya, dan dengan ceria berkata, “aku akan mengungkapkan nomor ponselku.” Kang Daniel berteriak, “Aku buang air terus sampai pagi ini.” Ha Sung Woon menimpali, berkata, “Aku lebih baik mengumpat. F * ck, f * ck, f * ck, f * ck.”
Lai Kuan Lin menyebut penggemar sasaeng, dan berkata, “Sorento (mobil), apa yang kalian lakukan di bawah rumah kami kemarin? Hentikan datang ke rumah kami.” Selain itu netizens juga meyakini bahwa anggota lain juga berteriak, “Dae-ddal-gak, hanya yang cantik”, yang berarti, “sialan, hanya yang cantik.”


Netizens yakin bahwa siaran langsung tersebut secara tidak sengaja dimulai lebih awal dari jadwal sehingga para personel mengucapkan itu tanpa sadar. Kritik pun langsung dibanjiri untuk Wanna One. Fans sangat kecewa dan terluka oleh kata-kata mengejutkan mereka, sementara banyak netizen mengalahkan para idola karena kurangnya kerendahan hati dan sopan santun.
Menanggapi isu tersebut, Agensi Wanna One, YMC Entertainment, dan Mnet secara resmi meminta maaf. Wanna One menyatakan, “Kami mohon maaf karena telah menunjukkan sisi buruk dari kami dan mengecewakan para penggemar dengan siaran langsung kami. Kami akan merenungkan tindakan kami dan bekerja keras untuk menjadi orang dewasa dan sederhana yang selalu berhati-hati terhadap semua tindakan kami. Kami tidak akan pernah melupakan cinta yang luar biasa yang kalian kirimkan kepada kami dan bekerja keras untuk menunjukkan sisi yang lebih baik dari kami. Sekali lagi, kami dengan tulus meminta maaf karena menyebabkan kekecewaan dan kekhawatiran. ”
YMC Entertainment menyatakan, “Kami mohon maaf bahwa kejadian yang tidak menyenangkan tersebut terjadi saat mempersiapkan siaran langsung. Kami mohon maaf karena telah menyebabkan kekhawatiran kepada penggemar yang mencintai dan mendukung Wanna One di awal comeback mereka. Namun, kami juga sangat menyayangkan bahwa kata-kata yang tidak sesuai yang ada dalam video menyebar. Kami akan lebih perhatian lagi mulai sekarang untuk mencegah kejadian seperti itu terjadi lagi. Tolong beri perhatian dan cinta kepada Wanna One sehingga mereka dapat mencapai impian mereka sampai akhir.
Sementara itu Mnet menyatakan, “Kami sangat meminta maaf kepada Wanna One, para penggemar yang mencintai Wanna One, dan afiliasi untuk isu-isu mengenai siaran langsung. Kami akan memperbaiki layanan kami sehingga kejadian semacam itu tidak terjadi di masa depan. Sekali lagi, kami mohon maaf kepada Wanna One, penggemar Wanna One, dan afiliasinya.”

Fans Coba Membela
Meski mendapatkan banyak kecaman, beberapa penggemar Wanna One justru memberikan pembelaan untuk idolanya.
Meskipun sebagian besar audio terdengar dengan jelas dan tidak dapat disangkal, ada beberapa bagian yang mengarah ke perdebatan karena kurangnya kejelasan. Dengan pemikiran ini, Wannables berdiri untuk membela idola mereka dan mengklaim bagian dari percakapan mereka adalah sebuah mondegreen.
Mondegreen adalah ketika lirik disalahtafsirkan karena salah dengar. Dalam hal ini, penggemar mengklaim beberapa kata Wanna One salah dengar dan menyebabkan salah tafsir. Misalnya, penggemar mengatakan bagian di mana satu anggota berkata, “Miri yok hae ya da da” atau “Lebih baik mengumpat sekarang”, adalah bagian yang salah dengar. Anggota tidak mengatakan ‘yok-hae’ 욕해 (bermakna Umpatan) tapi sebenarnya adalah, ‘ee-ruh-kae’ 이렇게 (yang beradti seperti ini).
‘Ee-ruh-kae’ – ‘york-kae’ – ‘yo-reu-kae’ – ‘yor-kae’ terdengar seperti ‘yok-hae’ dan anggotanya sebenarnya mencoba mengatakan sesuatu di sepanjang garis dari, “aku lebih baik melakukannya seperti ini sebelumnya.”
Namun, netizens tidak terlalu yakin dengan teori mondegreen penggemar. Komentar menyatakan, “Mondegreen pantatku lol”, “LOLOLOL ini benar-benar lucu”, “Hul … Mereka seperti orang-orang dalam aliran sesat”, “Mereka berusaha keras untuk membuat alasan”, “Fangirls sangat menjijikkan.”

Personel Menangis
Personel Wanna One tak kuat menahan tangius mereka dalam sebuah pertemuan tentang siaran langsung kontroversial mereka. Pada 19 Maret, Wanna One mendapat kritik pedas setelah percakapan mereka di ruang tunggu tanpa sengaja ditayangkan secara langsung di ‘Star Live’ milik Mnet. Wanna One, YMC Entertainment, dan Mnet semuanya secara resmi meminta maaf atas masalah ini; Namun, banyak netizen, dan juga penggemar, telah membalikkan kekecewaan mereka.
Menurut OSEN, Wanna One baru-baru ini bertemu dengan afiliasi mereka, CJ E & M dan YMC Entertainment setelah acara comeback mereka. Pertemuan itu berlangsung untuk membahas berbagai masalah, terutama kontroversi siaran langsung baru-baru ini.
Para personel mengambil waktu untuk merenungkan perilaku mereka, dan beberapa dari mereka kabarnya meneteskan air mata. Wanna One baru saja menggebrak promosi “Boomerang”. Kontroversi baru-baru ini, sayangnya, diperkirakan akan terus membawa efek yang merugikan dalam promosi mereka.

Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In Home Featured
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Park Shin Yang Main Lagi di Serial Drama KBS2 “My Lawyer, Mr. Jo 2”

Park Shin Yang telah dikonfirmasi akan memainkan kembali perannya sebagai tokoh utama Jo D…