Home Home Featured [FEATURE] Tips Menjaga Suara ala The Main Vocalists KPOP

[FEATURE] Tips Menjaga Suara ala The Main Vocalists KPOP

5 min read
0
0
447

Hal berharga bagi para vokalis utama adalah suara. Karena dengan suara, mereka mampu berdiri di tempat mereka berada saat ini. Berbagai cara dilakukan, untuk menjaga kestabilan suara mereka meskipun harus menyanyi dari waktu ke waktu. Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh para vokalis utama grup dalam menjaga kualitas suara mereka sehingga mampu menyanyikan lagu dengan sangat merdu.

Yesung:
Menjaga kesehatan adalah hal terpenting yang dilakukan Yesung untuk menjaga suaranya. Karena tubuhnya yang lemas, Yesung sering terserang penyakit. Jika sakit maka akan berpengaruh pada suaranya., Oleh karena itu, yesung selalu berolahraga dan berusaha tidur teratur untuk menjaga kesehatannya disertai banyak minum air putih dan mengurangi minum alkohol.

 

Yoseob:
Dalam sebuah acara, yoseob sempat ditanya alasannya selalu menggunakan Masker. “Sebagai vokalis utama, aku harus menjaga suaraku. Dengan menggunakan masker itu akan melindungi pernapasan dan tenggorokan dari bakteri terutama saat berpergian jauh,” ungkapnya. Jadi itulah mengapa Yoseob dan teman-teman di grupnya HIGHLIGHT selalu menggunakan masker saat berpergian, salah satunya untuk melindungi tenggorokannya hingga tidak mengangu kualitas suaranya.

Changmin:
Hampir sama dengan Yesung, bagi Changmin hal terpenting untuk menjaga suaranya adalah kesehatan tubuh. Selalu melakukan konser keliling dunia dan memiliki jadwal tidur yang kurang teratur, maka itu akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan suaranya. Oleh karena itu Changmin selalu memakan gingseng untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Selain itu, untuk membuat napasnya panjang saat tampil menari sambil menyanyi, Changmin dan Yunho selalu berlari sebelum latihan mereka dimulai.

Junsu:
Bagi junsu, Tidur adalah hal terpenting untuk suaranya. Tidur yang cukup dapat mengistirahatkan tubuh dan suaranya yang telah terforsir dalam beberapa hari.

Jonghyun:
Untuk menjaga agar suaranya tetap baik, Almarhum Jonghyun dari grup SHINee sempat membagikan tips-nya kepada publik. Ia pernah berkata bahwa ia selalu melakukan latihan secara teratur dan berolahraga.

Hyorin:
Rupanya Hyorin mempunyai cara tersendiri untuk menjaga vokalnya. Hyorin sengaja menurunkan suaranya dan berbicara dengan tenggorokan sebelum tampil di atas panggung. Karena pita suara Hyorin dan keluarganya umumnya lemah, sehingga dia selalu memperhatikan dan mengurus suaranya.

Sandeul:
Kesehatan adalah hal yang penting bagi suaranya, selain latihan vokal secara internsif. Maka olah raga menjadi pilihan yang dilakukan Sandeul untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Sebelum melakukan aktifitas promosi yang padat, Sandeul biasanya melakukan push-up dan treadmill di malam hari.

Park Bom:
Untuk menjaga suaranya agar tetap bagus menurut park Bom, adalah tidak berlatih terlalu ketat hingga kelelahan dan banyak meminum air putih. Berlatih terlalu ketat akan membuat pita suaranya lelah dan kondisi tubuhnya yang pernah mengidap penyakit kelenjar getah bening, memburuk. Sementara air putih selain bisa menjaga suaranya, air juga membuat kulitnya menjadi mulus.

Dongjun:
Sempat mengalami masalah pada pita suaranya membuat Dongjun lebih berhati-hati ketika bernyanyi. Sebagai vokalis utama Dongjun tentunya harus mengandalkan suaranya. Agar tidak terjadi hal buruk pada pita suaranya, Dongjun secara rutin memeriksakan keadaan pita suaranya di rumah sakit dan berlatih menyanyi tanpa membuat tenggorokannya tegang.

Daehyun:
Hal terbaik untuk membuat suara tetap baik bagi Daehun B.A.P adalah latihan. Dengan terus melatih vocal, maka akan membuat pita suara terbiasa yang membuatnya mudah untuk menyanyikan nada-nada tinggi.

Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In Home Featured
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kang Ji Young Bintangi Film “Yaru Onna: She’s a Killer”

Mantan personel grup KARA, Kang Ji Young berperan dalam film jepang berjudul “Yaru Onna: S…