Home JEPANG [FEATURE] Siapa Bilang Menjadi Idola Itu Enak? Ini Dia 5 Hal yang dihadapi Para idola Jepang

[FEATURE] Siapa Bilang Menjadi Idola Itu Enak? Ini Dia 5 Hal yang dihadapi Para idola Jepang

9 min read
0
0
956

Terkadang saat kita berada di bawah selalu merasa iri akan kehidupan orang yang berada di atas. Dengan mendapatkan banyak sorotan dan popularitas, terkadang menjadi idola telah diimpikan oleh banyak anak-anak muda jaman sekarang, apalagi mereka yang memiliki bakat khusus yang mampu menyokong mereka untuk maju menjajaki kerasnya dunia hiburan. Namun menjadi public figure bukanlah pekerjaan yang gampang, karena mereka harus menghadapi berbagai hal ini untuk dapat terus bertahan.

 

 

Jauh Dari Keluarga
Impian tidak bisa dicapai jika hanya menunggu, melainkan kita harus berani bergerak untuk mengejarnya. Itulah yang dilakukan oleh kebanyakan idola. Meski usia mereka masih terbilang muda, mereka tidak ragu untuk keluar dari rumah, jauh dari orang tua, untuk pergi mengejar mimpi mereka seorang diri. Pusat dunia hiburan di Jepang adalah Tokyo, maka tidak sedikit dari mereka yang berasal dari kota-kota lain di Jepang harus hijrah ke ibu kota negeri sakura tersebut demi mengadu nasib.
Disaat mereka sudah mendapatkan ketenaran, maka mereka mungkin akan jarang bertemu dengan anggota keluarga mereka, meski dukungan terbaik selalu mereka dapatkan. Bahkan ada perusahaan hiburan yang melarang artisnya untuk terlalu mengekspos anggota keluarganya kepada publik.

Jadwal Padat Melelahkan, Jadwal Lenggang Mencemaskan
Saat memutuskan untuk masuk ke dunia hiburan, maka hal pertama yang harus mereka relakan adalah kehidupan pribadi yang bebas. Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan dunia hiburan semakin ketat dari tahun ke tahun. Jika mereka tidak bekerja keras, maka usia mereka di dunia penuh germelap ini tidak akan bertahan lama. Mulai dari masa pelatihan, mereka harus merelakan masa muda mereka terkikis dengan begitu banyak kegiatan di luar sekolah. Jika mereka akan memulai debut, maka jadwal tersebut bisa jadi akan menjadi semakin padat dan melelahkan.
Setelah debut, bukan berarti mereka bisa merasa tenang. Biasanya idola yang laris akan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan secara individual disamping pekerjaan mereka di dalam grup. Disaat jadwal mulai padat, mereka tidak hanya akan menguras tenaga tapi juga waktu tidur. Sementara bagi mereka yang tidak mendapatkan sorotan akan memiliki waktu luang lebih banyak dari rekan-rekannya. Hal ini bukan berarti menjadi sesuatu yang menyenangkan, ini justru hal yang patut mereka cemaskan. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia hiburan, hanya karena merasa tidak memiliki perkembangan apapun.

Berusaha Sekarang Atau Gagal
Seorang Idola tidak bisa bersantai walau hanya sebentar, karena waktu mereka tidaklah menentu. Jika mereka lengah, mereka bisa kehilangan segala yang telah mereka perjuangkan. Disaat ada kesempatan, disanalah mereka harus menunjukan kemampuan terbaik mereka agar menarik perhatian banyak orang. Tampil beda dan selalu memberikan inovasi akan semakin mempermudah mereka untuk memupuk bekal di masa depan.
Tidak sedikit mereka memanfaatkan sorotan yang mereka dapatkan sebagai aji mumpung. Tidak hanya mencoba satu bidang, mereka harus bisa menguasai banyak bidang untuk bisa menjadi yang terdepan. Mulai dari menyanyi, menari, bermain musik, hingga akting. Mengapa? Karena jika mereka bisa membangun diri sebagai individu, maka suatu saat mereka harus melepas status sebagai ‘idola’, mereka tetap memiliki nama yang diingat oleh banyak orang dan bisa bekerja di berbagai bidang lain. Jika mereka tidak berani unjuk diri, maka mereka tinggal menunggu waktu untuk gagal.

Ruang Gerak Terbatas, Kamera Pengintai Dimana-mana
Berita hangat dan skandal idola adalah makanan lezat yang paling dicari oleh para paparazzi. Segala gerak gerik mereka berada dalam sorotan kamera baik secara langsung maupun tersembunyi. Mereka harus berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan orang lain dan menjada sikap agar skandal yang tidak diinginkan muncul.
Contohnya masalah percintaan. Beberapa perusahaan hiburan untuk para Idola, melarang para artisnya untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis selama menjalani pekerjaan mereka. Pacaran saja tidak boleh, apalagi menikah. Itulah sebabnya, banyak idola baik wanita maupun pria yang sudah berumur namun belum berani untuk meminang seseorang yang mereka cintai.
Tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk ‘lulus’ dari grup tempat mereka berada hanya demi bisa hidup normal dan merasakan kehidupan pernikahan tanpa adanya tekanan dan ikatan kontrak. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang memilih bertahan dan menjalin hubungan dengan diam-diam dan penuh kehati-hatian.
Jika sebuah scandal muncul, masalah besar pun terjadi dan mereka tidak bisa merasa tenang begitu saja. Selain berhadapan dengan perusahaan, mereka juga harus berhadapan dengan penggemar dan netter. Terkadang ada penggemar yang begitu keras pada Idolanya. Mereka rela melakukan apa pun agar sang idola tidak berhubungan dengan siapapun, atau setidaknya popularitas mereka bisa merosot begitu tajam saat konfirmasi hubungan diumumkan.

Lanjut Sekolah atau Putus Sekolah?
Seperti yang kita ketahui, usia yang banyak dicari untuk menjadi idola di Jepang adalah usia belasan tahun yang masih memiliki jiwa yang segar. Diusia tersebut, tentunya sang idola masih duduk di bangku Sekolah. Dilema pun sering mereka rasakan jika berhubungan dengan pendidikan. Disaat mereka telah merasa nyaman dengan pekerjaan, maka bagi mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bukanlah hal yang menarik bagi mereka. Bahkan demi mendukung pekerjaan mereka, tidak sedikit idola memilih pindah ke Sekolah yang melayani para artist dengan penyesuaian jadwal kerja mereka.
Meski begitu ada banyak pula idola yang masih memikirkan pendidikan, yang berhasil menyelesaikan sekolah mereka di perguruan tinggi meski dengan jadwal pekerjaan yang super padat. Namun, pilihan akan selalu ada, terkadang mereka harus mengenyampingkan pekerjaan mereka untuk sementara demi bisa fokus pada sekolahnya. Atau bagi mereka yang cukup sulit mengatur waktu, akan memilih bersekolah dengan sistem online.

Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In JEPANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Juice = Juice Rilis Album Pertama Dalam 3 Tahun

Juice = Juice akan merilis album kedua mereka yang saat ini belum diberi judul pada 1 Agus…