Home Home Featured [FEATURE] 7 Fakta yang Perlu Anda Ketahui tentang Pemeran Mulan, Crystal Liu

[FEATURE] 7 Fakta yang Perlu Anda Ketahui tentang Pemeran Mulan, Crystal Liu

8 min read
0
0
357

Kurang lebih seminggu lalu, pada 29 November, Disney menetapkan Crystal Liu sebagai karakter utama dalam film live-action Disney “Mulan”.

Aktris yang akrab dipanggil Liu Yifei ini akan menjadi selebriti Tiongkok pertama yang membintangi film mainstream Hollywood. Dia memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan Disney untuk peran tersebut, termasuk wanita keturunan Tionghoa yang fasih berbahasa Inggris, menguasai seni bela diri dan memiliki aura seorang bintang.

Poster film animasi Disney “Mulan” yang dirilis tahun 1998 silam.

Film live-action yang terinspirasi dari sajak ‘Ballad of Mulan’ ini dijadwalkan rilis tahun 2019, dimana seorang gadis muda menyamar sebagai pria menggantikan posisi ayahnya maju ke medan perang. Sajak tersebut juga diadaptasi dalam bentuk film animasi musikal Disney berjudul “Mulan” yang dirilis tahun 1998 – yang menghasilkan US$ 120 juta (box office dalam negeri) dan US$ 304 juta (seluruh dunia).

Penetapan pemeran Mulan mendapat sambutan positif dari negara timur dan barat. Banyak yang gembira atas pilihan Disney, dan berkomentar tentang penampilan Crystal yang mirip dengan karakter fiksi Mulan.

Berikut adalah 7 fakta yang perlu Anda ketahui tentang Crystal Liu:

Crystal Liu bermain sebagai Xiao Longnu dalam “The Return of Condor Heroes”. (Sumber : tieba.baidu.com/liuyifei)

Julukan Sang Peri

Crystal telah malang melintang di dunia akting selama lebih dari 1 dekade, dia debut di tahun 2002. Peran yang mengangkat namanya adalah Wang Yuyan dalam serial adaptasi novel Louis Cha, “Demi-Gods and Semi-Devils” di tahun 2003.

Tiga tahun kemudian, dia membintangi serial adaptasi novel Louis yang lain, “The Return of the Condor Heroes” sebagai karakter utama wanita, Xiao Longnu. Sejak itu, Crsytal mendapat julukan Fairy Sister (Sang Peri) karena wajah dan penampilan seperti dewi di depan dan belakang layar.

Crystal Liu terpilih dari 1000 orang kandidat pemeran Mulan.

1 : 1000

Awal tahun ini dirumorkan aktris pemeran “The Mermaid”, Jelly Lin atau Natasha Liu Bordizzo (Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword of Destiny) akan dipilih Disney. Belakangan ini, rumor terbukti salah.

Crystal mengalahkan hampir seribu kandidat lain yang menyasar peran Mulan, termasuk Judy Hu (aktris Taiwan kelahiran Inggris), Celina Jade (Wolf Warrior 2), dan Katie Leung (Cho Chang dalam film “Harry Potter”).

Lebih dari Kriteria

Para sutradara kasting menghabiskan setahun pencarian penuh untuk mencari kandidat yang memenuhi 3 kriteria ini : kemampuan bahasa Inggris yang baik, kemampuan seni bela diri, dan kualitas bintang.

Bisa dibilang, Crystal memenuhi persyaratan tersebut. Pindah ke Amerika di usia 10 tahun, dia sangat fasih berbicara bahasa Inggris. Dia juga tinggal di Queens, New York beberapa tahun sebelum mendaftar ke Beijing Film Academy di Tiongkok.

Di sisi lain, Crystal memang tidak mengikuti pelatihan formal dalam bidang menari. Akan tetapi ibunya, Liu Xiaoli adalah penari profesional dari kota Wuhan. Dia juga menunjukkan fleksibilitas dan kelincahannya dalam film seni bela diri, “The Forbidden Kingdom”, yang dibintanginya bersama Jet Li dan Jackie Chan.

Aktor Amerika, Michael Angarano, Crystal Liu, Jet Li dan Jackie Chan (The Forbidden Kingdom, 2008)

Hubungan Internasional

Orang tua Crystal bercerai ketika usianya masih muda. Dia pun mengambil marga ibunya, Liu. Ayahnya, An Shaokang bekerja sebagai profesor kebudayaan dan bahasa Perancis di Wuhan University. Dia kemudian bergabung dengan korps diplomatik, dan bekerja di kedutaan besar Tiongkok di Paris. Kini Shaokang adalah dekan dari Confucius Institute, Paris Diderot University.

Crystal Liu

Racun Box Office

Meski pemilihan Crystal disambut positif, ada sisi lain yang juga diperhatikan. Performa box office dari beberapa film yang dimainkannya dapat dibilang buruk—hingga dia mendapat julukan ‘Box-Office Poison’ (Racun Box Office).

Salah satunya, film “The Chinese Widow” dengan pendapatannya sebesar US$ 3,9 juta berbanding jauh dengan biaya produksi yang mencapai US$ 22,6.

Segelintir pengguna Internet merasa Crystal tidak cocok memainkan Mulan, karena dia akan tetap seperti wanita walaupun memakai kumis/jenggot.

Crsytal Liu beradu akting dengan Emile Hirsch dalam film “The Chinese Widow” (2017)

Suka Gagal Selfie

Crystal cantik dan terlihat mempesona hampir di seluruh pemotretan yang dia jalani. Namun ternyata, dia sering mengambil foto selfie yang tidak menarik—foto yang di posting di media sosial tanpa di-edit atau diberi filter. Ini cukup mengejutkan meskipun statusnya selebriti. Banyak diantara foto selfie tersebut buram, diambil di pencahayaan yang buruk atau dari sudut yang aneh.

Tahukan yang mana?

Pecinta Kucing

Cat Lover! Crystal sangat menyukai binatang, terutama kucing. Dia sering mengambil dan memelihara kucing liar. Dia dan ibunya bekerja dengan organisasi nirlaba (non-profit) dan mencarikan rumah baru bagi hewan liar. Di samping itu, Cyrstal memelihara lebih dari 30 kucing di halaman belakang rumahnya.

Cat Lover

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In Home Featured

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Hannah Quinlivan Prioritaskan Pendidikan Putrinya

Aktris Taiwan, Hannah Quinlivan merespon rumor yang menyebutkan bahwa dirinya mendaftarkan…