Home JEPANG [FEATURE] 65 Drama Jepang Bertema Sekolah Yang Wajib Kamu Tonton! (Part 1)

[FEATURE] 65 Drama Jepang Bertema Sekolah Yang Wajib Kamu Tonton! (Part 1)

9 min read
0
0
15,637

Selalu ada cerita di bangku Sekolah! Mungkin kalimat tersebut dapat mengambarkan artikel ini. Ada sekian banyak genre yang diusung dalam drama-drama Jepang, dan kisah cerita yang membawa tema anak-anak sekolah selalu menjadi genre favorit, mulai dari persahabatan, percintaan, kemanusiaan, semangat juang, perwujudan mimpi dan masih banyak lainnya.  Tidak hanya dikemas secara kocak dan unik, namun terkadang ada banyak pesan dan pembelajaran yang bisa diambil dari setiap kisah yang disajikan. Berikut 65 daftar drama Jepang bertema sekolah yang asiangrup rangkum secara khusus buat kalian yang gemar menonton dorama!

Guru & Pendidikan:

3 nen B gumi Kinpachi Sensei

3 nen B gumi Kinpachi Sensei ]

Review singkat: Perjuangan seorang guru bernama Kinpachi Sakamoto untuk mengubah para murid-murid nakal dan bermasalah menjadi lebih baik. Versi: 3 nen B gumi Kinpachi Sensei Season 1-8 + SP

Rating: 8/10  

Gokusen

Gokusen

Review singkat: Seorang guru muda, Yamaguchi Kumiko (Yangumi) diberi tugas untuk mengajar di sebuah kelas “terberat” di sekolah.

Versi: Gokusen (2002), Gokusen 2 (2005), Gokusen 3 (2008), Gokusen Graduation Special ’09 (2009), Gokusen: The Movie (2009)

Rating: 8/10

35-sai no Koukousei 35-sai no Koukousei

Review singkat: Seorang wanita misterius berusia 35 tahun yang kembali mengemban ilmu di bangku SMA karena masa lalunya.

Rating: 9/10

 

Gakkou no Sensei

Gakkou no Sensei

Review singkat: Guru dan orang tua yang bertanggung jawab untuk mengubah anak-anak muridnya

Rating: 9/10

Scrap Teacher

Scrap Teacher Review singkat:

Sebuah sekolah dalam masa krisis dan hampir ditutup. Tiga siswa misterius dengan cara unik mencoba mengubah guru dan teman-temannya.

Rating: 9/10

Kamen Teacher

Kamen Teacher

Review singkat: Seorang guru tidak boleh melakukan kekerasan pada anak muridnya, tapi tidak untuk kamen teacher, yang bertugas mengubah siswa ‘terburuk’ di sekolah lewat kekuatan yang ia miliki selama memakai topeng.

Rating: 9/10

GTO

Great Teacher Onizuka (GTO)

Review singkat: Seorang mantan preman yang kini menjadi seorang guru dan dengan caranya yang unik mengubah anak-anak bermasalah di sekolah.

Rating: 10/10

School

School !!

Review singkat: Diambang penutupan, Seorang mantan Kontraktor berubah menjadi guru SD demi menyelamatkan mantan sekolahnya tersebut.

Rating: 6/10

Dragon Zakura Dragon Zakura

Review singkat: Demi memasukan muridnya ke universitas Tokyo, seorang mantan jaksa menjadi guru SMA dan mengajar siswanya dengan gaya mengajar yang unik.

Rating: 10/10

 

Sensei Shiranaino

Sensei Shiranaino?

Review singkat: Seorang guru SD yang mengajar anak-anak muridnya dengan metode berbeda sementara melihat dari sudut pandang muridnya

Rating: 6/10

Suzuki Sensei

Suzuki Sensei

Review singkat: Butuh waktu tiga tahun baginya sebelum siap untuk menjadi seorang guru. Selama waktu tersebut ia mencari cara untuk mengatasi segala masalah yang dimiliki anak muridnya

Rating: 6/10

Jyoou no Kyoushitsu Jyoou no Kyoushitsu

Review singkat: Guru yang satu ini tidak biasa, ia disebut sebagai oni sensei (guru dari neraka), dengan pakaiannya yang serba hitam. Namun sebenarnya ia memiliki hati yang baik.

Rating: 6/10

Gachibaka! Gachibaka!

Review singkat: Seorang mantan petinju menjadi seorang guru SMA dengan harapan ia bisa memulihkan keuangan dan meningkatkan kemampuan siswa serta memperkuat tim bisbolnya.

Rating: 10/10

 

 

Persahabatan & Semangat Jiwa Muda

 

Hanazakarino kimitachi e (Hanakimi Ikemen Paradise)

Hanazakarino kimitachi e (Hanakimi Ikemen Paradise)

Review singkat: Demi membuat pria yang ia sukai kembali menjadi atlit lompat tinggi, ia rela menyamar dan masuk ke sekolah khusus laki-laki.

Versi: Hanazakarino kimitachi e (2006), Hanazakarino kimitachi e (2011)

Rating: 10/10

 

Ouran High School Host Club 1

Ouran High School Host Club

Review singkat: Berkat beasiswa dia bisa masuk ke sekolah terelit dan dikelilingi oleh siswa kaya. Sebuah kejadian membawanya bergabung dalam Host Club sekolah. Karena cara berpakaiannya yang biasa saja, ia sempat dikira sebagai seorang laki-laki.

Rating: 10/10

 

Delicious Gakuin

Delicious Gakuin

Review singkat: Mereka terperangkap dalam sebuah sekolah tertutup. Salah satu cara untuk mereka bisa lulus dari sekolah tersebut adalah dengan cara Memasak!

Rating: 8/10

 

Gomen ne Seishun!

Gomen ne Seishun!

Review singkat: Sekolah Nasrani khusus wanita harus bergabung dengan sekolah budha khusus pria demi menyelamatkan sekolah tersebut dari masa krisis yang disebabkan oleh kejadian masa lalu.

Rating: 7/10

Nobuta wo Produce

Nobuta wo Produce

Review singkat: Dua orang sahabat mencoba mengubah penampilan dan kepribadian seorang gadis yang menjadi korban Bully teman-temannya.

Rating: 9/10

 

Shiritsu Bakaleya Koukou

Shiritsu Bakaleya Koukou

Review singkat: Sekolah khusus pria yang berisi anak-anak berandalan harus bergabung dengan sekolah khusus putri yang dikenal dengan kepribadian lemah lembutnya.

Rating: 9/10

 

Yankee-Kun to Megane-Chan

Yankee-Kun to Megane-Chan

Review singkat: Seorang preman sekolah berhubungan dengan seorang gadis pintar dengan imej baik.

Rating: 7/10

Again!

Again!

Review singkat: Setelah jatuh dari tangga di bangunan lama sekolahnya, ia kembali ke masa lalu disaat ia menjadi siswa baru. Kesempatan itu digunakannya untuk mengubah kehidipan sekolahnya yang membosankan

Rating: 9/10

 

Suugaku♥Joshi Gakuen

SuugakuJoshi Gakuen

Review singkat: Bagaimana seorang siswa yang membenci matematika harus berada di sekolah yang justru memiliki spesialisasi pada matematika?

Rating: 8/10

 

Mei-chan no Shitsuji

Mei-chan no Shitsuji

Review singkat: Kehidupan Mei berubah drastis setelah ia mengetahui bahwa ia adalah seorang pewaris kekayaan setelah kematian orang tuanya. Dia masuk ke sekolah dengan begitu banyak pria yang menjadi pelayannya

Rating: 8/10

 

Prison School

Prison School

Review singkat: Masuk ke sekolah yang dikelilingi oleh banyak gadis, apakah kelima pria ini dapat dibilang beruntung atau bagaikan neraka?

Rating: 8/10

sensei wa erai!

sensei wa erai!

Review singkat: Empat siswa SMP yang ingin mengubah sikap guru wali kelas-nya menjadi sosok yang lebih terhormat

Rating: 6/10

 

 

Majisuka Gakuen

Majisuka Gakuen

Review singkat: Preman sekolah tidak hanya ada di sekolah khusus laki-laki, tapi juga ada disekolah khusus perempuan.

Rating: 6/10

 

Atsuko March

Atsuko March

Review singkat: Karena gagal masuk ke sekolah khusus wanita impiannya, ia terpaksa masuk ke sekolah teknik yang mana hampir semuanya adalah siswa laki-laki.

Rating: 9/10

 

BERSAMBUNG KE:

BACA PART 2: http://asiangrup.com/artikel/65-drama-jepang-bertema-sekolah-yang-wajib-kamu-tonton-part-2/

BACA PART 3: http://asiangrup.com/artikel/65-drama-jepang-bertema-sekolah-yang-wajib-kamu-tonton-part-3/ (AM)

Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In JEPANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sara Minami & Aju Makita Memerankan film live-action “Shino Can’t Say Her Own Name”

Sara Minami & Aju Makita akan memainkan peran dalam film live-action “Shino Can’t Say …