Home KOREA Fans Jonghyun SHINee Lakukan Upaya Bunuh Diri Pasca Kematian Idolanya

Fans Jonghyun SHINee Lakukan Upaya Bunuh Diri Pasca Kematian Idolanya

4 min read
0
0
375

Kepergian Jonghyun SHINee yang mendadak membuat dunia berduka, bahkan seorang penggemar wanita asal Indonesia rela mengikuti jejak idolanya itu.

Pada tanggal 18 Desember, pemilik akun twitter @key_cebong bernama Devi ditemukan pingsan karena overdosis dan dilarikan ke rumah sakit dengan laporan ‘upaya bunuh diri’.

Dia meninggalkan pesan di media sosial Twitter, tepat di hari kematian Jonghyun. Dia menulis, “Apakah ini waktu yang tepat untuk ‘pergi’ setelah saya kehilangan orang tua dan idolaku? Ini membuatku sangat stres.” Yang kemudian diikuti dengan, “Saya tidak dapat menanggungnya lagi. Ibu, ayah, Jonghyun oppa, kita akan segera bertemu” dalam bahasa Korea dan Inggris.

Twitter @KEY_cebong

Keesokannya (19/12) Devi siuman. Dia menyesali perbuatannya, menulis ucapan terima kasih kepada fans khawatir, dan menutup akun Twitter.

Setelah insiden kematian Jonghyun, dikhawatirkan upaya bunuh diri yang dilakukan seleb K-pop memiliki efek menular pada para penggemarnya, yakni munculnya usaha ‘merusak’ diri sendiri—fenomena ini dikenal dengan nama ‘The Werther Effect’.

Twitter @KEY_cebong

Dilansir dari Bangkok Post, Departemen Kesehatan Mental di Thailand merilis sebuah pernyataan peringatan kepada para orang tua untuk memantau perilaku anak-anak mereka, dan melihat apakah ada perubahan yang signifikan setelah kematian Jonghyun.

Admin laman Facebook “Drama Addict”, Dr. Withawat Siriprachai memberikan pengertian pada publik bahwa bunuh diri imitasi (copycat suicide) adalah masalah yang nyata.

“Bukti yang jelas tentang penularan bunuh diri dapat diketahui setelah vokalis Linkin Park, Chester Bennington, melakukan bunuh diri. Banyak penggemar dilaporkan mengalami depresi selama kematiannya dan beberapa bahkan mengakhiri hidup mereka,” tulis Withawat. “Mereka yang terkena depresi akibat kematian idola mereka menderita masalah mental yang sama dengan pasien gangguan depresi mayor. Mereka merasa bahwa mereka tidak berharga, jadi mengomeli mereka bukanlah solusi. Mereka perlu berkonsultasi dengan psikiater.”

Sahabat dan rekan kerja di SM Entertainment mengantarkan Jonghyun ke tempat peristirahatan terakhir. RIP.

Jonghyun ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya di Seoul, Korea Selatan Senin kemarin (18/12). Dia dinyatakan meninggal tidak lama setelah dibawa ke rumah sakit. Penyelidik menyimpulkan tindakannya sebagai upaya bunuh diri. Pemakaman Jonghyun bertempat di Seoul Asan Hospital kemarin (21/12) yang dihadiri oleh anggota keluarga, pegawai dan artis SM Entertainment.

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In KOREA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Jo Kwon dan Yoon Kye Sang g.o.d Adalah Rekan Bisnis yang Baik

Jo Kwon mengungkapkan bahwa dia dan Yoon Kye Sang g.o.d adalah rekan bisnis. Pada siaran 1…