Home LAINNYA GADGET / IT Bersiap Sambut Samsung Galaxy Note 5

Bersiap Sambut Samsung Galaxy Note 5

9 min read
Comments Off on Bersiap Sambut Samsung Galaxy Note 5
0
58

Bersiaplah, Samsung Galaxy Note 5 akan segera datang. Sementara banyak yang memperkirakan jika kemunculannya pertama kali akan mewarnai ajang bergengsi IFA yang dijadwalkan untuk digelar pada awal September, sebelumnya berbagai sumber mengklaim jika bisa saja perangkat baru asal raksasa Korea Selatan ini diumumkan sedikit lebih awal pada bulan Agustus. Yang jelas, kapanpun pengumumannya benar-benar dibuat, beberapa berita terakhir memang terdengar agak bisa dipercaya mengingat Samsung sedang berusaha keras untuk mencuri perhatian, yang belakangan lebih tertuju pada Apple, serta semua saingan lainnya.

Dari semua rumor yang bermunculan, kita bisa setidaknya menyimpulkan beberapa hal tentang bagaimana nantinya phablet gahar andalan Samsung ini akan hadir. Mungkin semua sudah tahu jika kabarnya sebuah chipset octa-core 64-bit Exynos 7422 SoC yang akan menggawangi dapur pacunya, atau penyimpanan dengan daya akses super cepat layaknya milik Galaxy S6 / S6 edge, hingga ukuran layar dan resolusi 5,7 inci Super AMOLED HD Quad.

BP DIGITAL 06 - COVER STORY - Siap Sambut Galaxy Note 5 02

Desain
Kabarnya, dikalangan internal Samsung, Galaxy Note 5 disebut sebagai ‘Project Noble’. Anda mungkin ingat jika Galaxy S6 memiliki kode ‘Project Zero’. Oleh karena itu, ‘Project Noble’ terdengar seperti penerus resmi jajaran perangkat ‘premium’.
Skema yang bocor dari Galaxy Note 5 menampilkan apa yang tampaknya seperti layar berukuran 5,7 inci, dan desain yang terlihat seperti campuran antara kurva Galaxy S6 dan aksen khas seri Note sebelumnya. Selain itu, mekanisme baru untuk stylus di mana Anda mendorong untuk mengeluarkannya tampak juga ditawarkan. Samsung telah mematenkan mekanisme yang secara otomatis memasukkan S-Pen dari silo setelah perintah suara atau gerakan dikeluarkan. Sistem ejeksi ini dapat menggunakan elektromagnet untuk mendorong stylus keluar.
Samsung sempat mengkonfirmasi kebocoran gambar Galaxy Note 5 sebelumnya dalam hal desain, tapi kali ini mereka memberi kita dimensi yang tepat: 153,3 x 76,1 x 7.9mm. Juga sempat terdengar jika Note 5 akan menampilkan sistem chipset Exynos 7422, RAM seluas 4 GB, penyimpanan internal 32 GB, dan kamera utama berkekuatan 16 MP dengan optical image stabilization (OIS). Detail menarik lainnya yang sempat muncul, adalah kapasitas besar pada baterai: 4100mAh. Pengisian akan dilakukan melalui port microUSB biasa, dan bukan USB baru Type-C yang kini sedang trendi.

BP DIGITAL 06 - COVER STORY - Siap Sambut Galaxy Note 5 08

2K atau 4K – Perbedaan Resolusi Ultra-High
Salah satu rumor yang paling menarik adalah mengenai Galaxy Note 5 yang akan menjadi perangkat smartphone pertama yang secara komersial menggunakan resolusi ultra-tinggi (4K). Untuk sesuatu yang terdengar cukup heboh, mengingat sebagian besar dari industri ini masih ragu-ragu untuk berganti dari layar 1080p ke visual sejernih kristal Quad-HD, sebenarnya ada sedikit pertanyaan di balik rumor ini. Mungkinkah ini pembuktian pernyataan yang pernah Samsung ungkap awal tahun ini mengenai rencana peluncuran perangkat-perangkat berdisplay 4K pada tahun 2015 ini?
Selain itu, sempat juga muncul berita mengenai panel Super AMOLED dan resolusi menakjubkan 2160 x 3840 piksel, yang diatur dalam pola berlian, mirip dengan susunan PenTile milik Galaxy Note 4. Selain itu, kabarnya diagonal layar Note 5 akan terbagi 2 – satu 5,9 inci untuk Note 5 biasa dan 5.78 inci untuk (sangat mungkin) varian Note 5 edge. Mengingat resolusi dan diagonal layar, kepadatan Note 5 ini menambahkan hingga 748ppi untuk versi reguler dan 762ppi untuk varian edge. Tentunya ini akan menjadi sebuah keajaiban tersendiri, pengguna akan menikmati video beresolusi ultra-tinggi serta akan memungkinkan desainer grafis memamerkan karya mereka dalam kecemerlangan yang begitu rinci.

BP DIGITAL 06 - COVER STORY - Siap Sambut Galaxy Note 5 05

Dapur Pacu Berprofil Tinggi
Kabarnya, Galaxy Note 5 sedang diuji menggunakan chipset Exynos 7422. Apa yang membuatnya istimewa adalah kemampuannya menggabungkan semua komponen dalam satu chip. Memanfaatkan metode produksi ePoP (embedded package on package) mereka sendiri, Samsung mampu menyesuaikan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB menjadi chipset 225 mm. Pada dasarnya, ini memungkinkan mereka mengumpulkan sistem secara lengkap, mengurangi total luas semikonduktor dan membuka ruang untuk keperluan lainnya, seperti baterai yang berkapasitas lebih besar. Dalam hal ini, Note 5 diharapkan untuk mengusung baterai 4100mAh yang cukup besar, yang tentunya akan menjadi gebrakan prestasi tersendiri dalam hal daya tahan baterai.
Selain prosesor super, Note 5 diharapkan untuk juga mengusung penyimpanan flash UFS 2,0 Samsung, yang menjadi terkenal karena mampu membaca data dan menulis dengan kecepatan tinggi. Jika memang ada poin dimana produsen smartphone manapun tidak akan mampu menyaingi Samsung, maka inilah poin tersebut. Dilihat dari foto-foto bocoran skema Note 5 yang telah muncul sejauh ini, dan dengan rumor tentang penampilan maupun spesifikasi dari phablet serta S6 edge, tampaknya memang tidak akan ada tempat untuk slot kartu memori. Namun, karena UFS 2.0 flash storage baru yang Samsung pasang di S6 menggunakan memory controller yang tidak sesuai dengan standar yang biasa (eMMC 5.0) seperti dalam ponsel lainnya, maka kemungkinan Samsung akan harus menempatkan dua controller memori yang terpisah, atau justru menghindari slot microSD sama sekali, melengkapi Note 5 dengan setidaknya 32 GB penyimpanan internal sebagai gantinya.

BP DIGITAL 06 - COVER STORY - Siap Sambut Galaxy Note 5 03

Kamera Super?
Note 5 mungkin akan menyuguhkan kamera utama berkekuatan 16MP dengan optical image stabilization, bersama dengan kamera sekunder 5 MP. Bahkan, bukti telah muncul jika Note 5 mendatang mungkin akan juga mengandalkan kamera front-facing sebaik Galaxy S6 maupun S6 edge. Sebuah halaman dukungan untuk kamera selfie Galaxy S6 memiliki sepotong info menarik mengenai kode rahasia dalam file HTML, yang merupakan daftar selfie-taker dari S6 dan S6 edge. Uniknya, kode tersebut kompatibel dengan dua ponsel lainnya, yang hanya ditandai sebagai ‘N925’ dan ‘N920F’. Jika Anda ingat, ini adalah kode nama internal untuk varian Galaxy Note 5, menunjukkan jika Samsung bisa menggunakan kamera depan 5 MP yang sama pada phablet terbarunya! (DD)

Load More Related Articles
Load More By DD
Load More In GADGET / IT
Comments are closed.

Check Also

Facebook Luncurkan Fitur Game Seru Via Aplikasi Messenger

Mungkin kalian masih ingat masa dimana selain berjejaring sosial, Facebook juga banyak dig…