Home Home Featured [Artikel] Profesionalitas IU dalam Pembuatan Album Barunya

[Artikel] Profesionalitas IU dalam Pembuatan Album Barunya

5 min read
0
0
191

IU membuktikan dirinya sebagai penyanyi dan musisi sejati. Pikirannya untuk memperkenalkan karya-karya Apik dari Korea Selatan memang patut diacungi jempol. Album remake terbaru IU yang berjudul “Flower Bookmark 2” telah menjadi hit di tangga musik, dimana album ini, IU membawakan nuansa baru dari karya-karya hit lama yang diperkenalkannya kepada anak muda jaman sekarang. Baru-baru ini terungkap bagaimana penyanyi bertubuh mungil bersuara emas ini bekerja untuk produksi album barunya.

Ketika album IU dirilis pada 22 September, banyak pendengar menunjukan rasda penasaran dan ketertarikannya pada penyanyi asli dari lagu-lagu yang termasuk dalam ” Flower Bookmark 2.” Bisa dibilang berkat IU, anak muda jaman sekarang menjadi melek pada karya-karya lama dari penyanyi veteran Korea Selatan. Karena hal ini, tidak hanya mendapatkan pujian dari penggemar, tapi ia juga mendapat apresiasi besar dari para musisi senior di sana. Bahkan banyak dari mereka telah mengungkapkan betapa bahagianya mereka kini bisa lebih dikenal orang banyak karena IU.
Karena para penyanyi aslinya membagikan penghargaan kepada IU, ada satu aspek yang mereka tekankan yaitu IU mendekati mereka secara langsung untuk meminta izin saat akan membuat ulang lagu-lagu mereka.


Hubungi Satu per Satu
Choi Sung Won, sang penyanyi asli dari lagu “Everyday With You” yang ia bawakan bersama grup Deulgukhwa, menyatakan, “Biasanya penyanyi menerima izin untuk melakukan remake melalui agensi atau manajer. Ini pertama kalinya penyanyi tersebut meminta izin secara langsung. ”
Penyanyi tersebut menambahkan bahwa ia melihat sebuah nomor telepon yang tidak diketahui muncul di teleponnya. Setelah mengabaikan panggilan tersebut, dia langsung menerima sebuah teks dari IU yang mengatakan bahwa dia ingin berbicara dengannya.
IU dengan hati-hati mencari izinnya dengan menyatakan bahwa dia akan membuat ulang lagunya dengan tetap mempertahankan integritas asli. Mengagumi usahanya, Choi Sung Won menjawab bahwa ia tidak masalah jika dia benar-benar mengubah lagunya, atau dia harus melakukan sesuai keinginannya. Ini adalah awal dari versi indah IU untuk “Everyday With You” di album barunya.
Tidak hanya satu, IU juga mengirimkan permintaan pribadinya kepada penyanyi asli lagu “Autumn Morning,” gitaris dan produser film dan musik, Lee Byung Woo. Dalam sebuah wawancara, Lee Byung Woo mengungkapkan, “Telepon pertama datang dari IU. Dia mengatakan kepadaku bahwa mereka akan memulai penguasaan album dan bertanya apakah aku akan mendengarkan lagunya. Aku terkejut saat dia menyatakan bahwa dia sebenarnya ingin tetap menjaga versi aslinya.”


Tetap Pertahankan Sentuhan Asli
Meski ia mengaransemen ulang lagu-lagu lama, namun IU tetap berusaha keras untuk mempertahankan integritas karya asli dari para veteran ini. Ia begitu memperhatikan detail lagu sehingga setiap pertimbangannya tampak jelas di album ini.
Dulu, IU telah menjelaskan keinginannya untuk merilis album remake dengan mengatakan, “Bagi artis senior yang saya hormati, akhir-akhir ini banyak orang yang tidak mengetahui karya kalian dan itu memalukan. Aku ingin mengenalkannya kepada mereka melalui suaraku. ”
Meskipun ini adalah lagu yang didengarkan orang muda pada tahun 70an dan 80an, IU ingin membawa kembali kenangan masa lalu ini kepada generasi baru. Netizens merespons karya IU dengan pujian yang tinggi. Komentar-komentar positif dilayangkan padanya melalui berbagai media. “Album ini keren, dari produksinya sampai ke hasil akhirnya,” pungkas salah seorang netizen. “Kita dapat melihat karakternya dalam karya ini,” puji yang lain. “Terima kasih karena membuatku banyak belajar tentang lagu-lagu bagus,” dan masih banyak lainnya.

Load More Related Articles
Load More By AM
Load More In Home Featured

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Big Bang Gelar Konser Akhir Tahun 2017 di Seoul!

V.I.P, sebutan fans Big Bang, akan dapat menyaksikan penampilan grup idola mereka akhir ta…