Home MANDARIN 7 Film Mandarin Terbaik Tahun 2015

7 Film Mandarin Terbaik Tahun 2015

8 min read
0
1
34,319

Bulan Maret akan segera berakhir, namun tidak disangka, beberapa orang masih merasa efek pergantian tahun baru. Sebelum efek tersebut hilang, ada baiknya kita melihat ke belakang, ada beberapa film bagus yang dibuat tahun lalu. Karya layar lebar yang mendapat pujian fans dan kritikus, serta menyapu penghargaan Nasional maupun Internasional.

  1. The Assassin

Rilis : 27 Agustus Sutradara : Hou Hsiao-Hsien Pemain : Shu Qi, Chang Chen, Zhou Yun, Satoshi Tsumabuki Bujet : 14,9 juta USD Pada abad ke-9 di Tiongkok, putrid jendral Nie Yin Niang (10) diculik oleh biarawati. Para biarawati telah melatih seni bela dirinya hingga menjadi seorang pembunuh yang mematikan. Karena ini, ia dituduh ketika seorang gubernur yang kejam meninggal dunia. Suatu saat, Yin Niang gagal dalam tugas. Ia pun dikirim kembali ke tanah kelahirannya. Ia juga diharuskan membunuh saudara sepupunya, yang menjadi pemimpin militer di bagian Utara. Setelah 13 tahun menghilang, Yin Niang harus menghadapi orang tua dengan kenangan dan perasaan yang tersimpan. Selain itu, ia juga dihadapkan dengan keputusan sulit, yaitu menyelematkan atau membunuh pria yang dicintainya. Film ini mendapatkan banyak pujian dari kritikus, dan berhasil mendapatkan penghargaan terbanyak di ajang Golden Horse Awards 2015 (11 nominasi, dan 5 penghargaan). Selain ajang di Taiwan, The Assassin juga meraih penghargaan di ajang Internasional, yakni di Canness Film Festival tahun lalu (Best Director).

  1. Thanatos, Drunk

Film-Apik-Thanatos-Drunk-okRilis : 10 Februari Sutradara : Chang Tso-Chi Pemain : Lee Hong Chi, Cheng Jen Shuo, Huang Shang Ho Film Thanatos, Drunk mendapat mendapatkan sambutan meriah di ajang Golden Horse Awards ke-52. Meski tidak menang sebanyak The Assassin, namun kritikus menyebut film ini berkualitas yang bagus (6 nominasi, 4 penghargaan). Thanatos, Drunk menceritakan tentang dunia yang dilanda kasus percintaan sesama jenis.

  1. Our Times

Film-Apik-Our-Times-okRilis : 13 Agustus Sutradara : Chen Yu Shan Pemain : Vivian Sung, Darren Wang, Dino Lee, Dewi Chien Film Our Times membawa kita kepada kejadiaan 20 tahun silam tetang perasaan cinta sang tokoh utamanya. Popularitas Vivian dan Darren juga meningkat pesat berkat film ini. Hebe Tian (S.H.E) menyanyikan lagu a Little Happiness yang terdapat dalam OST drama Our Times.

  1. Zinnia Flowers

Rilis : 8 Oktober Sutradara : Tom Lin Pemain : Karena Lam, Shih Chin-Hang Film-Apik-Zinnia-Flower-okDari kisah The Pain of Others sampai Winds of September, semua karya Tom Lin diinspirasi dari pengalaman hidupnya. Kali ini, ia menggunakan Zinnia Flowers untuk menangani kesedihan atas kematian istrinya di tahun 2012. Film dibuka dengan kecelakaan mobil. Wei (Chin-Hang) kehilangan istrinya yang sedang mengandung (Alice Ko), sementara tunangan Ming (Karena) meninggal. Dilingkupi rasa bersalah, Wei minum minuman keras, dan bersifat buruk terhadap orang di sekitarnya. Suatu hari ia pergi ke Okinawa, perjalanan yang direncanakannya dengan sang istri, namun ini tidak mengangkat kekosongan dan kesedihan yang melanda. Ming dan Wei bertemu pada sebuah ritual berkabung 100 hari. Film berakhir setelah ritual berakhir, yaitu pada hari ke-100.

  1. Port Of Call

Film-Apik-Port-of-Call-okRilis : 3 Desember Sutradara : Philip Yung Pemain : Aaron Kwok, Elaine Jin, Patrick Tam, Jessie Li, Maggie Hsiu Film bergenre thriller ini pertama kali tayang di Hong Kong International Film Festival ke 39 pada 6 April 2015, dan dirilis secara umum tanggal 3 Desember 2015. Film didasarkan pada kasus nyata mutilasi mayat seorang gadis berumur 16 tahun di Hong Kong pada tahun 2008. Pada tahun 2010, detektif Chong (Kwok) dan rekannya Smoky (Patrick Tam) memulai penyelidikan ke dalam peristiwa seputar mayat wanita muda yang terpotong. Tersangka utama mereka adalah Ting Tsz-chung (Michael Ning), yang dikenal kesepian. Port of Call memiliki cerita sederhana yang dibumbui dengan unsur detektif.

  1. Saving Mr.Wu

Rilis : 2 Oktober Sutradara : Sheng Ding Pemain : Andy Lau, Liu Ye, Wu Ruo Fu, Lam Suet Film-Apik-Saving-Mr-Wu-okFilm kriminal mandarin, Saving Mr. Wu, diangkat dari kisah nyata penculikan selebriti pada tahun 2004 di Tiongkok. Seorang bintang film Hong Kong, Wu, diculik di Beijing oleh Zhang Hua dan beberapa rekannya. Mereka menyamar menjadi polisi, dan meminta uang tebusan sebanyar 3 juta Yuan. 20 jam berikutnya, para detektif yang dipimpin oleh Xing menyapu seluruh kota. Wu sendiri direncanakan akan dibunuh pada jam 9 malam terlepas dari ada atau tidaknya uang tebusan. Mengapa mereka melakukan hal ini, dan bagaimana kelanjutan nasib Wu?

  1. The Laundryman

Film-Apik-Laundryman-okRilis : 20 Agustus Sutradara : Lee Chung Pemain : Joseph Chang, Sui Tang, Wan Qian, Yeo Yann Yann Sebuah tempat cuci baju menyediakan jasa lain selain laundry. Pemilik toko, A-Gu, mempunyai beberapa pembunuh dengan kontrak yang dapat direkrut. Salah satu anggotanya, berkode nama “No. 1, Chingtian”, memiliki masalah paranormal. Ia dihantui oleh hantu dari korban-korbannya. A-Gu memperkenalkan dirinya dengan cenayang bernama Lin Hsiang. Disaat berusaha mengusir hantu, ia menemukan rahasia besar yang tersembunyi di balik meja toko cuci baju tersebut. Ternyata yang ditakutkan oleh Chingtian bukan hantu orang lain, tetapi hantu dari masa lalunya. (DS)

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In MANDARIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Happy Wedding, Andy On & Jessica Cambensy!

Aktor Hong Kong, Andy On (40) telah sah menikahi kekasihnya, model Jessica Cambensy (yang …