Home MANDARIN 10 Aktris Tiongkok Favorit Sutradara yang Perlu Anda Ketahui

10 Aktris Tiongkok Favorit Sutradara yang Perlu Anda Ketahui

16 min read
0
0
2,279

Perkembangan industri hiburan Tiongkok yang melejit memunculkan sejumlah generasi aktor-aktris generasi baru. Seiring dengan rekan mereka yang lebih pengalaman, dan berprestasi, berikut 10 aktris dunia hiburan Tiongkok yang diminati dan menjadi pilihan favorit para sutradara.

Mereka memiliki pencapaian dalam industri perfilman dan pertelevisian, dalam popularitas, pengaruh sosial, pengakuan dunia Internasional, nilai komersil, dan kontribusi mereka.

 

Zhang Ziyi

Zhang Ziyi

Adalah pemenang lomba tari remaja sebelum memulai kariernya di bidang akting. Bakatnya pertama kali ditemukan oleh sutradara Zhang Yimou. Ziyi direkrut untuk bermain dalam film drama romantis Yimou, “The Road Home” di tahun 1999.

Aktris 39 tahun ini merupakan salah satu aktris, di samping Gong Li, yang dikenal secara luas di Hollywood. Lewat aktingnya di film Ang Lee “Crouching Tiger, Hidden Dragon”, Ziyi memperoleh 3 penghargaan.

Ziyi membuktikan kepada dunia bahwa dia bukan sekedar bintang kung fu dengan film “Memoirs of Geisha”, dimana setelah itu dia dinominasikan di kategori Best Actress in Motion Picture di ajang Golden Globe Award.

Tahun 2013, Ziyi kembali berperan di film kung fu garapan Wong Kar-wai, “The Grandmaster”. Lewat perannya sebagai Gong Er, dia mendapat beberapa penghargaan. Saat ini, Ziyi beraktivitas sebagai juri di reality show “The Birth of An Actor”. Film sci-fi Hollywood terbarunya, “The Cloverfield Paradox” telah dirilis tanggal 4 Februari lalu. Sementara, Ziyi juga bermain dalam film “Godzilla: King of the Monsters” yang akan diluncurkan pada bulan Maret 2019.

Karya Populer : The Grandmaster (2013), Memoirs of a Geisha (2005), Crouching Tiger Hidden Dragon (2000), The Road Home (1999)

 

Yang Mi

Yang Mi

Karier aktingnya di mulai di usia 4 tahun. Bisa dibilang, Yang Mi telah berakting di seluruh hidupnya. Dia memainkan berbagai jenis peran di puluhan film dan serial TV. Akan tetapi, karier akting nya yang berhasil terbayangi dengan pengaruh sosialnya.

Dengan jumlah 80 juta pengikut di Weibo, istri Hawick Lau ini adalah salah satu selebriti paling berpengaruh di Tiongkok. Pilihan fashion Yang Mi sering menginspirasi para fans, dan banyak orang. Baru-baru ini, Yang Mi didapuk sebagai brand ambassador Michael Kors.

Di samping akting dan fashion, aktris 31 tahun itu juga memiliki agensi sendiri yang memanajemeni sejumlah wajah baru di industri hiburan, salah satunya Dilraba Dilmurat. Yang Mi berada di peringkat ketiga (200 juta Yuan) dalam daftar Selebriti dengan Penghasilan Tertinggi tahun 2017 yang dirilis oleh majalah Forbes China.

Karya Populer : Brotherhood of Blades 2 (2017), Trilogi The Tiny Times (2013-2015), Eternal Love (2017), Chinese Paladin 3 (2009)

 

Fan Bingbing dan calon suaminya, Li Chen

Fan Bingbing

Akting sebagai peran pendukung (Jinsuo) di serial hits tahun 90-an “My Fair Princcess” atau akrab dikenal Putri Huan Zhu meroketkan nama Fan Bingbing sekaligus menjadi titik awal karier aktingnya. Dia menang penghargaan Aktris Terbaik di ajang penghargaan bergengsi, Hundred Flower Awards, untuk perannya dalam film Feng Xiaogang “Cell Phone” di tahun 2003.

Luas dikenal oleh penonton dunia Barat sebagai Blink di film “X-Men: Days of Future Past”. Belakangan tahun ini, Bingbing sukses melakukan transisi dari aktris Tiongkok menjadi bintang Internasional. Dia merupakan tamu reguler di acara-acara fashion show dan red carpet. Penampilan yang berkelas dan glamour membuat calon istri Li Chen ini kerap terdaftar dalam berbagai daftar aktris dengan busana terbaik.

Dia juga aktif terlibat dalam film-film Arthouse, dan juga seorang juri di 70th Cannes Film Festival. Jika Zhang Ziyi berada di peringkat ketiga Forbes China, Bingbing memuncaki daftar Selebriti dengan Honor paling Tinggi di Tiongkok, dan yang keempat di dunia.

Karya Populer : I Am Not Madame Bovary (2016), X-Men: Days of Future Past (2014), Buddha Mountain (2010), The Empress of China (2014), My Fair Princess (1998)

 

Vicky Chen

Vicky Chen

Di usia muda, 14 tahun, Vicky Chen menjadi pemenang termuda di Golden Horse Award (setara Oscar) di kategori Aktris Pendukung Terbaik lewat perannya dalam film Taiwan, “The Bold, The Corrupt, and The Beautiful”.

Vicky menjalani tahun yang baik di tahun 2017. Dia tampil dalam 3 film besar, diantaranya “Angels Wear White”, “The Bold, The Corrupt, and The Beautiful” dan “The Liquidator”. Banyak pelaku industri hiburan menduga dirinya akan memiliki masa depan yang menjanjikan.

Karya Populer : Angels Wear White (2017), The Bold, the Corrupt, and the Beautiful (2017), The Liquidator (2017)

 

Tang Wei (Foto : W Magazine)

Tang Wei

Asli kelahiran Hangzhou, Tiongkok, nama Tang Wei dikenal banyak orang berkat penampilannya dalam film Ang Lee “Lust, Caution”. Film erotis thriller ini memperoleh penghargaan-penghargaan di ajang bergengsi, dan dikenal di seluruh Asia, meski hanya menampilkan versi cut (versi sensor) di Tiongkok.

Namun, karier nya tidak semulus itu. Beberapa saat setelah “Lust, Caution” dirilis, Tang Wei diban karena adegan seksual dalam film tersebut. Dia baru kembali ke layar lebar di tahun 2009, terlibat dalam pengerjaan film komedi romantis “Crossing Hennessy” yang ditayangkan setahun kemudian.

Sejak itu, Tang Wei kerap berakting di sejumlah film romantis, salah satunya film “Book of Love” (2016) yang merupakan sekuel dari “Finding Mr. Right” (2013).

Aktris 38 tahun ini memiliki sifat pekerja keras, dan memiliki bakat dalam belajar bahasa. Dia sering kali menggunakan bahasa Inggris dalam pidato kemenangan dalam beberapa acara penghargaan. Tang Wei juga mampu berbahasa Korea, dan beberapa dialek China.

Karya Populer : The Golden Era (2014), Book of Love (2016), Late Autmn (2010), Lust, Caution (2007)

Baca juga

Zhou Dongyu

Zhou Dongyu

Sama seperti Zhang Ziyi, aktris 25 tahun, Zhou Dongyu juga debut di film Zhang Yimou yang berjudul “under the Hawthorn Tree”. Setelah itu, Dongyu rutin tampil sebagai cameo di beberapa film, akan tetapi ini belum cukup.

Akting nya di film “Soul Mate” lah yang membuat namanya dikenal di seluruh Tiongkok. Drama romantis, adaptasi novel karangan Anni Baobei, ini mempersembahkan beberapa penghargaan Aktris Terbaik untuk Dongyu di tahun 2016, salah satunya di ajang Golden Horse Award.

Aktris serial “Sparrow” ini berkolaborasi dengan Takeshi Kaneshiro tahun lalu dalam film komedi romantis, “This is Not What I Expected”. Tahun ini, Dongyu memiliki tiga proyek film, yaitu “Us and Them”, “A Fangirl’s Romance” dan “Animal World”.

Karya Populer : This is Not What I Expected (2017), Soul Mate (2016), Under the Hawthorn Tree (2010)

 

Zanilia Zhao

Zanilia Zhao

Juga dikenal dengan nama Zhao Liying, terjun ke dunia hiburan setelah memenangkan acara pencarian bakat ‘Yahoo Search Star Game’ di tahun 2006. Dia kemudian tanda tangan kontrak dengan Huayi Brothers, dan debut tidak lama kemudian di film drama keluarga “Golden Marriage” (2007).

Zanilia melakukan terobosan berperan sebagai protagonis di serial fiksi sejarah “Legend of Lu Zhen” di tahun 2013 silam. Serial yang juga dibintangi Chen Xiao dan almahrum Kimi Qiao ini tidak hanya sukses di Tiongkok, namun juga populer di kalangan penonton Jepang dan Korea.

Dari tahun 2016 hingga 2017, Zanilia telah membintangi 5 film dan 7 serial TV. Salah satu serial wuxia fantasi yang dibintanginya, “The Journey of Flower” memperoleh 20 juta view di situs streaming online. Di usia 30 tahun, Zanilia sudah menjadi aktris dengan pendapatan tertinggi di Tiongkok.

Film terbarunya, “The Monkey King 3”, yang juga dibintangi oleh Aaron Kwok dan William Feng, akan tayang tepat di hari Imlek pada tanggal 16 Februari.

Karya Populer : Duckweed (2017), The Liquidator (2017), Princess Agents (2017), The Journey of Flower (2016)

 

Crystal Liu

Crystal Liu

Dijuluki sebagai peri cantik, mantan kekasih Song Seung Hun ini dikenal atas kecantikannya dan akting-aktingnya di drama period. Di usia 15 tahun, Crystal Liu membintangi sebuah serial TV “The Story of a Noble Family”.

Popularitasnya kemudian bertambah, dan Crystal mendapat banyak pengikut. Dia juga melakukan sejumlah kolaborasi Internasional, diantaranya kolaborasi dengan Rain dalam film “For Love or Money” (2014) dan dalam film Sino Amerika “Outcast”, yang dibintangi oleh Nicolas Cage dan Hayden Christensen.

Bulan November 2017, aktris 30 tahun ini didapuk Disney sebagai pemeran Mulan dalam film live-action “Mulan”. Film ini dijadwalkan rilis tahun depan.

Karya Populer : Mulan (2019), Once Upon a Time (2017), For Love or Money (2014), The Forbidden Kingdom (2008)

 

Zhou Xun

Zhou Xun

Termasuk seorang veteran perfilman, dia debut di tahun 1991. Zhou Xun telah membintangi lebih dari 30 film, dan memenangkan puluhan penghargaan dalam ajang penghargaan seperti Golden Horse Award, Golden Rooster Award dan Hong Kong Film Award—dan dia merupakan aktris Tiongkok pertama yang memenangkan penghargaan utama dalam ketiganya.

Lewat peran dalam film musikal “Perhaps Love”, “The Banquet” dan “Cloud Atlas”, istri aktor Amerika Archie Kao ini berhasil menyegel dirinya sebagai salah satu aktris top Tiongkok, serta mendapat pengakuan di dunia Internasional.

Baru-baru ini, Zhou Xun membintangi film Ann Hui “Our Time Will Come”, dan serial sejarah “Ruyi’s Royal Love in the Palace” (bersama Wallace Huo), yang mana dia mendapat honor 2 juta Yuan tiap episode. Di luar film dan TV, aktris yang juga penyanyi ini juga adalah brand ambassador untuk Chanel, dan seorang advokasi pelestarian lingkungan.

Karya Populer : Our Time Will Come (2017), Cloud Atlas (2012), The Banquet (2006), Perhaps Love (2005)

 

Dilraba Dilmurat

Dilraba Dilmurat

Seorang aktris Tiongkok asal Uyghur. Dilraba Dilmurat termasuk satu dari aktris generasi baru yang kini sedang naik daun.

Aktris agensi Jay Walk Studio (milik Yang Mi) ini menapaki jalan menuju kesuksesan setelah membintangi serial-serial hits seperti “Swords of Legends” dan “Diamond Lover”. Penampilannya dalam musim kelima variety show “Keep Running” membantunya membangun fanbase yang kuat.

Dilraba sering dibandingkan dengan aktris papan atas Korea, Jun Ji Hyun, karena karakter mereka dalam drama memiliki sifat yang serupa.

Film terbarunya, “Karat” akan tayang tahun ini. Sementara, Dilraba juga akan membintangi web serie “Three Lives, Three Worlds, The Pillow Book” di tahun 2019.

Karya Populer : Namiya (2017), Eternal Love (2017), Diamond Lover (2015), Swords of Legends (2014)

Load More Related Articles
Load More By DS
Load More In MANDARIN
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sammi Cheng Punya 100 Lebih Lipstik Di Rumah

Sammi Cheng, Pakho Chau dan Laurinda Ho menghadiri upacara pembukaan sebuah toko pop-up me…